Mengenal Listrik Statis Pada Mobil Dan Tips Agar Tidak Tersengatnya

mencegah setrum listrik statis pada mobil

lksotomotif.com - Saat turun dari  mobil, apakah Anda tanpa sengaja tersengat listrik pada bagian tangan ? setrum arus listrik yang mengenai tangan Anda sebenarnya adalah jenis listrik statis. Sifatnya sangat cepat dan kecil sehingga ini cukup mengejutkan.

Bagi sebagian orang, kondisi tersebut akan berpikiran bahwa itu disebabkan oleh arus yang bocor. Padahal itu diakibatkan karena oleh listrik statis yang tercipta  oleh penumpang tersebut. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir  karena listrik statis pada mobil adalah hal yang normal. 

Oh ya, selain pengemudi, penumpang juga bisa mengalami kesetrum listrik statis pada mobil. Biasanya ini terjadi jika berkendara dalam waktu yang lumayan lama.

Teori Listrik Statis

Listrik statis adalah listrik yang diam ( tidak bergerak ) yang tercipta dari proses terjadinya gesekan diantara dua benda. Contoh sederhana listrik statis yang sering dipraktekan adalah menempelkan balon pada rambut, menarik potongan kertas dengan penggaris dan menarik potongan kertas dengan sisir.

listrik statis


Kami meyakini, Anda pasti pernah memperaktekan atau mengalami hal - hal seperti diatas pada kehidupan sehari - hari. 

Terciptanya Listrik Statis Pada Mobil

Listrik statis yang terjadi pada mobil diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara bagian badan pengemudi / penumpang dengan jok mobil. Ini terjadi hampir untuk seluruh jenis bahan jok mobil, baik kulit ataupun fabric.

Proses gesekan tersebut menimbulkan listrik positif pada mobil dan listrik negatif pada badan manusia. Sehingga saat tangan pengemudi / penumpang menyentuh bagian pintu atau bodi mobil maka proses percikan listrik akan terjadi. 

proses terjadinya listrik statis pada mobil


Nah, prinsipnya sama seperti itu. Hanya saja, badan orang menyimpan listrik statis yang nilainya berbeda-beda. Namun ada juga  yang tidak pernah merasa tersetrum.

Tips Mencegah Tersengat ( Kesentrum ) Listrik Statis Pada Mobil

Walaupun tidak membayakan, namun sengatan listrik statis pada mobil cukup mengejutkan. Berikut adalah tips agar Anda terhindar dari sengatan listrik statis pada mobil. 

1. Pegang Frame Pintu Saat Akan Keluar Mobil 

Sebagian besar kejutan listrik terjadi karena Anda dan mobil memiliki muatan yang berbeda. Saat beranjak dari jok, muatan ini akan terpisah dan berpeluang menimbulkan kejutan listrik statis. Muatan ini bisa dilepaskan dengan menyentuh bagian logam pada  mobil sehingga listrik bisa dialirkan dari diri Anda langsung ke bodi mobil  tangan tanpa rasa sakit. 

Jika dirasa Anda masih tersetrum, itu bisa disebabkan oleh cat yang melapisi logam mungkin tidak cukup konduktif ( isolator ) untuk menghantarkan listrik. Sebaiknya sentuh bagian yang tidak dicat.

2. Sentuh Cendela Beberapa Detik

Kaca mobil tidak sekonduktif logam sehingga muatan yang mengalir listrik statis yang mengalir dari tubuh Anda ke bagian mobil  tidak menyakitkan Anda.

3. Gunakan Sepatu Bersol Konduktif

Kenakan sepatu dengan sol konduktif. Sebagian sepatu memiliki sol karet atau plastik yang menginsulasi Anda dari tanah. Jika Anda menggantinya dengan sepatu bersol kulit asli, atau sepatu khusus pelepas muatan listrik statis, (electrical static discharge/ESD), muatan listrik tidak mudah terbentuk di tubuh Anda. [Walaupun Anda menerima muatan listrik selama berkendara, listrik akan langsung mengalir keluar melalui sol saat menginjak tanah.

Nah itulah pengertian listrik statsis pada mobil yang sering mengejutkan pengemudi atau penumpang. Namun demikian, Anda bisa memilinimalir nya jika Anda mengetahui cara - cara mencegah terjadinya listrik statis ada tubuh Anda.

0 Response to "Mengenal Listrik Statis Pada Mobil Dan Tips Agar Tidak Tersengatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel