Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Thermostat Pada Mobil

lksomotif.com - mengetahui fungsi, cara kerja dan jenis - jenis thermostat adalah pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh seorang mekanik mobil. Seperti kita ketahui bahwa pada mesin mobil sudah menggunakan sistem pendingin air ( bukan udara ). 

Dengan mengetahui proses cara kerja sistem pendingin mobil maka ketika terjadi kerusakan yang berkaitan dengan komponen pendingin, maka mekanik bisa mencari kerusakan satu persatu sesuai urutan sehingga menghasilkan pekerjaan yang efisien.

Thermostat menjadi komponen yang penting pada sistem pendingin mobil, ini karena fungsinya yang menutup dan mengalirkan sistem pendingin sesuai dengan kondisi mesin. 

Kerusakan yang terjadi pada sistem pendingin biasanya ditandai dengan naiknya suhu pendingin diatas rata - rata.  

Thermostat sistem pendingin mobil terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Tipe Outlet Flow Control

fungsi_dan_cara-kerja_thermostat_mobil


Thermostat membuka dan menutup water outlet pipe dan radiator water passage sesuai dengan suhu air pendingin untuk mengontrolnya dan mencegah mesin dari overheating atau overcooling. Saat air pendingin dingin setelah mesin distart, saluran air tertutup valve, dan air pendingin terus bersirkulasi melalui sirkuit bypass tanpa melalui radiator, mempercepat pemanasan mesin. 

Saat suhu air naik, valve terbuka untuk menghubungkan water passage ke radiator dan sirkuit bypass ditutup sehingga suhu mesin tetap pada level tertentu. Jika terjadi overcooling saat mesin bekerja, water passage valve otomatis tertutup.

cara kerja thermostat mobil

Thermostat yang sekarang umum digunakan adalah tipe wax pellet yang memiliki durabilitas baik dan sedikit dipengaruhi oleh tekanan. Thermostat ini memiliki lilin di dalam casing, dan valve membuka atau menutup saat lilin mengembang atau menciut, menggerakkan pegas. Saat suhu air pendingin rendah, lilin mengeras dan menciut agar valve tertutup ditekan oleh spring.

Saat suhu air naik, lilin mencair dan mengembang untuk menekan spring dan valve ke bawah,untuk membuka valve. Suhu pembukaan/ penutupan valve biasanya kira-kira 80°C.

Jiggle Valve



Penutupan penuh dari air pendingin ke radiator saat thermostat tertutup penuh memperpendek waktu pemanasan mesin, tetapi sistem tidak dapat diisi air pendingin karena udara tetap terperangkap dalam mesin. Oleh karena itu, pada thermostat terdapat ventilasi udara kecil.

Jiggle valve membebaskan udara saat air ditambah, dan menutup bila ada tekanan air saat mesin hidup, sehingga mencegah air keluar. 

Suction Flow Control Type

cara kerja thermostat suction flow control type


Pada CVR, (tipe wax pellet top by-pass) dua thermostat digunakan. Suhu pembukaan dan penutupan adalah 79°C, dan di atas 95°C valve terbuka penuh. Thermostat terpasang pada sisi hisap water pump untuk mencegah suhu berubah-ubah. Metoda ini baik untuk pemanasan, mencegah overcooling dan secara konstan mempertahankan dinding cylinder liner pada suhu yang dibutuhkan. Air pendingin dapat diisi baik melalui radiator dan cylinder head. 

Lubang pernapasan tidak diperlukan tidak diperlukan pada thermostat ini, tidak ada air dingin bocor saat pemanasan, jadi sistem pendingin ini pemanasannya lebih cepat, efisiensi pemanasan tinggi dan bebas dari overcooling. Pada suhu di bawah 79°C valve tertutup penuh, air endingin mengalir ke dalam water pump melalui bagian kepala thermostat dan bersirkulasi kembali ke dalam mesin. 

Air pendingin dalam radiator disegel oleh seal ring and thermostat valve periphery seperti terlihat pada gambar. Pada saat ini, tidak terdapat air dingin bocor yang mengalir dari radiator ke mesin melalui thermostat. Fitur ini mempercepat pemanasan mesin. Suhu di atas 79°C, valve terbuka bertahap. 

Air dingin dalam radiator mengalir ke dalam water pump melalui thermostat valve. Dan air panas bersirkulasi dalam mesin juga mengalir ke dalam water pump. Dalam water pump, air dingin dan panas tercampur secara ideal, dan mengalir ke dalam mesin. 

Saat suhu air pendingin naik dan thermostat valve menutup bagian bawah thermostat housing, air pendingin yang bersirkulasi dalam mesin tertutup oleh valve dan housing. Air pendingin dalam radiator mengalir langsung ke dalam mesin seperti terlihat pada gambar.

Kelebihan air dingin tidak mengalir dengan cepat ke dalam mesin, oleh karena itu, fitur ini mencegah suhu berubah-ubah. 

0 Response to "Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis - Jenis Thermostat Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel