Cara Memperbaiki SRS Airbag Dan Seat Belt Pretensioner Sesuai SOP

Cara Memperbaiki SRS Airbag Dan Seat Belt Pretensioner Sesuai SOP

lksotomotif.com - Mobil - mobil keluaran terbaru sudah banyak dilengkapi dengan sistem keselamatan tambahan. Diantara banyaknya sistem keselamatan yang tertanam pada mobil yaitu SRS Air Bag dan Seat Belt Pretensioner. 

Air bag adalah sistem keselamatan yang berkerja mengembangkan kantong  udara untuk melindungi benturan penumpang dengan bagian - bagian pada kabin mobil. Sedangkan Seat belt pretensioner adalah mencegah penumpang agar tidak terlempar pada saat mobil mengalami berhenti mendadak. 

Keduanya digunakan bersama  yang berfungsi untuk mengurangi resiko cedera  pada pengemudi dan penumpang depan dari benturan keras. 

Ketika kedua sistem keselamatan tersebut mengalami kerusakan, maka harus segera dilakukan perbaikan agar dapat bekerja dengan normal. Proses perbaikannya juga harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh pabrikan. 

Berikut proses perbaikan SRS Airbag dan Seat Belt Pretensioner yang sesuai standar operasional prosedur. 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Perbaikan SRS “AIR BAG” Dan “SEAT BELT PRE-TENSIONER”

  • Jangan menggunakan alat tes elektrik untuk mengecek sirkuit SRS kecuali diintruksikan oleh buku panduan perbaikan ini.
  • Sebelum memperbaiki SRS, putar kunci kontak ke posisi OFF, kemudian lepas kedua kabel terminal battery. Kemudian tunggulah paling sedikit 3 menit. Selama dalam waktu sekitar 3 menit setelah kabel dilepas, kemungkinan air bag dan seat belt pre-tensioner masih bisa mengembang. Oleh karena itulah, jangan mengerjakan sesuatu pada konektor atau kabel SRS sampai waktu 3 menit kabel battery dilepas.
  • Unit diagnostis sensor harus selalu dipasang dengan tanda panah “<==” menghadap ke depan kendaraan. Juga selau periksa unit diagnosis dari kemungkinan retak, rusak atau berkarat sebelum dipasang atau diganti.
  • Kabel spiral harus posisikan di posisi netral selama putarannya dibatasai. Jangan sekali-kali memutar kemudi atau column, jika steering gear dilepas dari column shaft.
  • Penanganan modul air bag harus secara hati-hati. Selalu menempatkan modul air bag pengemudi dengan bagian pad menghadap ke atas.
  • Lakukan self-diagnosis untuk memeriksa keseluruhan fungsi SRS setelah mengganti komponen.
  • Setelah air bag mengembang, instrument panel assembly harus diganti jika rusak.
  • Selalu ganti instrument panel pad apabila air bag penumpang depan mengembang.
Untuk mencegah agar SRS tidak mengalami masalah sehingga air bag tidak dapat mengembang pada saat terjadi tabrakan yang dapat mengakibatkan cidera atau kematian pada seseorang, maka seluruh perawatan harus dilakukan oleh bengkel yang berpengalaman.

Kesalahan dalam perawatan, termasuk kesalahan melepas dan memasang SRS, dapat menyebabkan cidera pada seseorang akibat aktifnya sistem air baik tampa disengaja. Untuk melepas kabel Spiral Cable dan modul Air Bag, lihat bab SRS.

Jangan menggunakan alat tes elektrikal pada sirkut yang berhubungan dengan SRS kecuali memang diperintahkan dalam buku Service Manual. SRS wiring harnesses dapat dikenali melalui warnanya yaitu kuning dan/atau orange pada harnesses atau harness connector.

Sepecial Sevice Tools Yang Digunakan Saat Perbaikan SRS Airbag D

Berikut ini adalah alat - alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki airbag dan seat belt pretensioner.

1. Air Bag module braket

Air Bag module braket

Berfungsi sebagai anchoring airbag module.

2. Deployment Tool

Deployment Too
Berfungsi sebagai alat untuk membuka air bag.

3. Deployment Tool Adaptor 



Deployment Tool Adaptor
berfungsi menghubungkan antara deployment toold ad driver air bag module dan menghubungkan antara deployment tool dengan front passenger air bag module.

Konfigurasi SRS Air Bag

konfigurasi SRS airbag

Air bag akan mengembang jika unit sensor diagnosis diaktifkan dengan kunci kontak di posisi ON atau
START. Model benturan yang dipasang pada sistem supplemental restraint berbeda-beda. Misalnya untuk modul airbag pengemudi dan penumpang depan akan aktif apabila terjadi benturan dari depan, namun tidak untuk modul air bag samping.


Konfigurasi   SRS Benturan depan Benturan Sisi   Kiri Benturan Sisi   Kanan
Modul air bag   pengemudi x - -
Modul air bag   penumpang depan x - -

0 Response to "Cara Memperbaiki SRS Airbag Dan Seat Belt Pretensioner Sesuai SOP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel