Kepala Silinder ( Sylinder Head ) Dan Gasket Kepala Silinder

kepala silinder

lksotomotif.com - Kepala silinder adalah komponen vital yang membentuk combustion chamber bersama dengan blok silinder dan piston. Pada kepala silinder terpasang mekanisme katup dan injektor. Kepala silinder terbuat dari besi tuang yang memiliki kekuatan dan resistansi panas yang sangat besar. 

Kepala silinder berhubungan langsung dengan gas pembakaran pada suhu yang tinggi, dan karenanya harus kedap terhadap tekanan kompresi dan pembakaran. Exhaust valve dan injection nozzle, khususnya, memiliki saluran pendinginan yang rumit untuk mendinginkan mereka secara keseluruhan karena mereka dipanaskan dengan suhu tinggi. 

Kepala silinder terpasang pada blok silinder dengan gasket di antara mereka. Kecuali bautdikencangkan secara merata dalam urutan yang benar, masalah seperti kebocoran gas pembakarandan kerusakan gasket dapat terjadi. Karena kepala silinder adalah besi tuang, dalam beberapa kasus dapat berubah bentuk setelah sekian lama. Sangatlah perlu, karenanya, untuk memeriksa kerataan dari permukaan dudukan saat pembongkaran atau perakitan.

Gasket Kepala Silinder

Gasket kepala silinder harus menyegel gas pembakaran, oli pelumas dan air pendingin pada saat yang sama. Tekanan kebocoran kontak dari cairan disebut dengan tekanan kontak limit, meskipun tekanan kontak yang benar selama mesin bekerja tidak diketahui. 

Akan tetapi, tekanan kontak statis yang harus didapat selama pengencangan baut untuk menyegel gas pembakaran kira-kira 800 sampai 1000 kg/cm2. Sekitar 100 sampai 200 kg/cm2 dibutuhkan untuk menyegel oli pelumas dan air pendingin saat rubber asbestos gasket digunakan. Namun  saat Oring digunakan, sekitar 50 sampai 100 kg/cm2 dibutuhkan. 

Jika tekanan kontak melebihi nilai tertentu, dapat menyebabkan kerusakan, atau distorsi pada bagian penyegelan, menyebabkan kesulitan untuk mempertahankan performa penyegelan selama waktu kerja dari mesin. Untuk alasan ini, tenaga pengencangan dari baut kepala silinder diset pada 1.5 kali tekanan pembakaran (beban). Konstruksi dari gasket yang biasanya digunakan adalah sebagai berikut, dan gasket yang biasanya digunakan untuk mesin diesel adalah tipe steel-asbestos.

material gasket

0 Response to "Kepala Silinder ( Sylinder Head ) Dan Gasket Kepala Silinder "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel