Cara Memperbaiki Oil Control Valve Yang Rusak ( Switch Patah )

lksotomotif.com - Beberapa hari yang lalu mobil Toyota Yaris masuk ke bengkel kami dengan keluhan oli rembes. Setelah di cek ternyata banyak terjadi kebocoran pada packing-packingnya ( seal ) termasuk tutup kepala silinder, cover timing dan carter oli. Setelah persetujuan pemilik, kamipun langsung melakukan pembongkaran paking - paking yang bermasalah. 

Karena untuk membuka cover valve dan cover timing harus melepas oil control valve ( OCV ), maka kamipun membukanya dengan perhalan. Dan ketika akan melepas soket OCV ternyata soketnya patah. Ini adalah pengalaman kali pertama kami mengalami hal seperti ini.

Oil control valve toyota
Posisi OCV Toyota Yaris 

Kami pun coba untuk mencari part OCV, namun rata-rata memiliki harga yang relatif mahal pada kisaran harga 500 ribuan. Setelah menelepon teman mekanik di bengkel ATPM, ternyata masalah seperti sering terjadi. Menurut hemat kami, material yang terbuat dari plastik membuatnya menjadi lebih getas dan mudah patah.

Saran teman mekanik kami bahwa komponen tersebut ternyata bisa diganti hanya pada bagian yang rusak saja ( bagian selenoid OCV). Dari bantuannya, kami pun mendapatkan toko yang menjual selenoid OCV tersebut. Harga selenoidnya pun sangat terjangkau yaitu 50.000, jelas ini sangat menguntungkan dibanding harus membeli OCV yang baru.

Oh ya, oil control valve ( OCV ) pada mesin toyota berfungsi sebagai aktuator yang mengatur aliran oli pada teknologi VVTI ( variable valve timing intelegent ). 

switch OCV rusak

Switch Oil Control Valve ( OCV ) patah, padahal hanya untuk membuka swtichnya saja..Jadi bagi para mekanik untuk hati - hati saat membuka switch OCV.

memperbaiki OCV toyota

Prose overhoul komponen OCV yaris dengan cara dicongkel menggunkan obeng minus untuk melepas selenoid yang akan diganti.

mengganti oil control valve

Setelah penggantian selenoid oil control valve. Terlihat memang kurang rapi, maklumlah kerjaan tambahan yang tidak diinginkan.

Nah pembelajaran dari case diatas bahwa soket OCV mudah dan rawan patah, bahkan pada kondisi kami hanya karena akan melepas soketnya. Jika hal diatas terjadi, maka Anda bisa memilih hanya untuk mengganti selenoidnya saja dengan harga yang lebih murah dibanding harus membeli OCV yang baru. 

0 Response to "Cara Memperbaiki Oil Control Valve Yang Rusak ( Switch Patah )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel