Apa Itu CCS Charging Pada Mobil Listrik ?

colokan CSS pada mobil listrik


lksotomotif.com - CCS atau Combined Charging System adalah  salah satu dari beberapa standar colokan pengisi daya (dan juga digunakan untuk komunikasi kendaraan) yang bersaing untuk pengisian cepat yang mengandalkan tegangan searah DC ( direct current ). Pengisian cepat DC juga disebut sebagai pengisian daya Mode 4.

Pesaing CCS untuk pengisian daya DC adalah CHAdeMO, Tesla dengan dua jenis colokan untuk wilayah  AS / Jepang dan negara lain di dunia  dan sistem colokan GB / T yang digunakan untuk  wilayah Cina.

mengenal jenis colokan pengisian mobil listrik


Soket pengisian CCS menggabungkan inlet untuk arus AC dan DC menggunakan pin komunikasi yang digabungkan. Dengan demikian, soket pengisi daya untuk mobil yang dilengkapi CCS lebih kecil dari ruang  yang dibutuhkan untuk soket CHAdeMO atau GB / T DC plus soket AC.

Untuk melihat perbandingan dimensi antara CSS dengan CHAdeMo, lihat gambar dibawah ini. 

soket CHAdeMO

CCS1 dan CCS2 berbagi desain pin DC serta protokol komunikasi, oleh karena itu ini adalah opsi sederhana bagi produsen untuk menukar bagian steker AC untuk Tipe 1 di AS dan berpotensi digunakan  Jepang untuk Tipe 2 untuk pasar lain.

Perlu dicatat bahwa untuk memulai dan mengontrol pengisian daya, CCS menggunakan PLC (Power Line Communication) sebagai metode komunikasi dengan mobil, yaitu sistem yang digunakan untuk komunikasi jaringan listrik.

Hal ini pula yang  memudahkan kendaraan untuk berkomunikasi dengan jaringan listrik sebagai 'alat pintar', tetapi membuatnya tidak kompatibel dengan sistem pengisian daya CHAdeMO dan GB / T DC tanpa adaptor khusus yang jarang  tersedia.

Perkembangan terbaru yang menarik dalam 'DC Plug War' adalah untuk peluncuran Tesla Model 3 Eropa, Tesla telah mengadopsi standar CCS2 untuk pengisian daya DC.

Perbandingan soket pengisi daya AC dan DC utama (tidak termasuk Tesla)

colokan pengisian mobil listrik

0 Response to "Apa Itu CCS Charging Pada Mobil Listrik ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel