Penyebab Sensor Mundur Tidak Bekerja Dan Jenis Benda Yang Tidak Terdeteksi

penyebab sensor mundur tidak bekerja

lksotomotif.com - Sensor mundur atau sensor parkir akan mengeluarkan bunyi buzzer ketika mobil pada posisi mundur ( reverse ). Fungsi sensor ini akan memberitahu kepada pengemudi tentang keadaan kondisi dibelakang mobil dengan menggunakan metode suara. 

Semakin dekat mobil dengan benda penghalang maka bunyi buzzer pun semakin cepat. Ini adalah pertanda yang harus diketahui oleh pengemudi. Namun dalam kondisi berbeda bisa jadi sensor mundur tidak bekerja dengan baik. 

Selain itu faktor keselamatan saat mengoperasian sensor mundur juga harus menjadi perhatian khusus. Berikut ini panduan tentang sensor mundur. 

A. Panduan Keselamatan Menggunakan Sensor Mundur

Pastikan untuk memperhatikan berikut. 

Salah melakukan dapat menyebabkan kematian atau cedera serius. 

1. Sensor mundur memiliki batasan dalam jangkauan deteksi dan kecepatan pengoperasian. Pastikan untuk memastikan keamanan area yang tidak terjangkau oleh sensor mundur, seperti sisi kendaraan. Kontrol kecepatan kendaraan dengan menggunakan rem dan mundurlah dengan perlahan. Perlu diingat bahwa jarak pengereman dapat bervariasi tergantung pada kondisi permukaan jalan, seperti hujan dan kerikil. 

2.Sensor mundur hanya mendeteksi daerah dekat bumper belakang. 

3. Tergantung pada bentuk atau kondisi dari penghalang, jarak yang ditempuh oleh sensor dapat dikurangi atau dalam beberapa kasus sensor tidak lagi mampu mendeteksi penghalang. 

4. Dibutuhkan sedikit waktu hingga buzzer berbunyi setelah mendeteksi penghalang. Bahkan ketika bergerak pada kecepatan yang sangat rendah, kendaraan bisa mendekati dengan jarak 0.5 meter atau kurang sebelum buzzer berbunyi, sehingga ada bahaya membentur benda. 

5. Jangan memasang aksesoris dalam area deteksi sensor. Sensor mundur mungkin malfungsi, menyebabkan kecelakaan tak terduga. 

6. Jika sensor mundur mengalami ketidaknormalan, pertama periksa kondisi sensor. Jika buzzer berbunyi bahkan kotoran atau lumpur, sensor mungkin malfungsi. Bawalah kendaraan ke dealer  untuk diperiksa. 

B. Penyebab Sensor Mundur Tidak Bekerja

Pada kasus berikut, sensor mundur mungkin tidak beroperasi dengan baik, yang mengarah ke kecelakaan tak terduga. Perhatikan saat mengemudi. 

1. Ketika kotoran atau lumpur menempel pada sensor (sensor akan beroperasi dengan baik ketika dibersihkan). 

2. Ketika sensor membeku (sensor akan beroperasi dengan benar ketika semua yang membeku dicairkan) Indikasi ketidaknormalan dapat ditampilkan atau penghalang mungkin tidak terdeteksi karena pembekuan terutama ketika suhu rendah. 

3. Ketika sensor ditutupi oleh tangan dll lDi bawah terik matahari atau di iklim dingin lKetika mengemudi di jalan kasar, jalan berbukit, jalan kerikil atau jalan berumpur. 

4. Ketika klakson kendaraan lain, suara mesin dari sepeda motor, suara pengereman udara dari kendaraan besar terdengar, atau benda memancarkan gelombang supersonik seperti sensor mundur dari kendaraan yang mendekat lain.

5. Ketika sebagian besar kendaraan miring 

6. Ketika tersedia tiang fender atau antena peralatan radio komersial dipasang pada kendaraan 

7. Ketika kendaraan bergerak menuju batu trotoar yang tinggi atau tegak lurus terhadap kendaraan 

8. Jarak pendeteksi dapat menjadi pendek karena kehadiran papan nama. 

9. Area tepat di bawah bumper tidak dapat dideteksi.  Sebuah benda yang terletak di ketinggian lebih rendah dari posisi pemasangan sensor atau benda tipis mungkin tiba-tiba tidak terdeteksi meskipun itu sebelumnya terdeteksi. 

10.Ketika sensor mendekati hambatan terlalu dekat 

11. Ketika bumper atau daerah sekitarnya dari sensor terkena benturan yang kuat disebabkan oleh bertabrakan dengan objek lain atau dari dipukul. 

12. Ketika pengait penarik dipasang 

13. Ketika terpasang suspensi buka produk asli pabrikan, Tergantung pada bentuk atau kondisi dari penghalang, jarak yang ditempuh oleh sensor dapat dikurangi atau terdapat penghalang yang dapat dideteksi. 

C. Penghalang Yang Mungkin Tidak Terdeteksi Dengan Benar 


Ada kasus di mana hal berikut ini mungkin tidak terdeteksi. Perhatikan saat mengemudi. 

1. Benda tipis seperti kawat, pagar dan tali 

2. Benda yang mudah menyerap gelombang suara seperti kapas dan salju 

3. Benda dengan tepi yang tajam 

4. Benda rendah yang diposisi lebih tinggi 

5. Benda yang bagian atas menjorok keluar Periksa secara visual kehadiran orang karena orang mungkin tidak terdeteksi tergantung dari pakaian yang mereka kenakan

0 Response to "Penyebab Sensor Mundur Tidak Bekerja Dan Jenis Benda Yang Tidak Terdeteksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )