Panduan Membersihkan Interior Mobil ( Cabin ) Sesuai Anjuran Pabrikan

cara merawat interior mobil sesuai anjuran pabrikan


lksotomotif.com - Memiliki mobil yang nyaman adalah sebuah kebanggan bagi setiap pemilik mobil. Salah satu hal yang menjadi faktor kenyamanan pada mobil adalah kondisi interior yang bersih dan rapi. Untuk mencapai hal tersebut, maka pemilik harus rajin - rajin melakukan perawatan bagian interior mobil. 

Karena bagian interior mobil tersebut dari material yang berbeda-beda, maka sebelum melakukan proses perawatan harus mengetahui panduan yang tepat agar tidak malah menambah kerusakan. 

Pabrikan - pabrikan mobil telah membuat panduan proses membersihkan dan merawat bagian interior mobil ( Cabin ), yang mana ini sebenarnya semua orang bisa melakukannya sendiri tanpa perlu repot harus dibawa kepada yang ahli. 

Prosedur berikut ini akan membantu melindungi interior kendaraan Anda dan menjaganya dalam kondisi prima:

1. Melindungi Interior Mobil

  • Bersihkan kotoran debu menggunakan vacuum cleaner. 
  • Usap permukaan kotor dengan kain yang dibasahi dengan air hangat. 
  • Jika kotoran tidak dapat dibersihkan, sekalah dengan kain lembut yang dibasahi dengan deterjen netral diencerkan sekitar 1%. 
  • Peras kelebihan air pada kain dan bersihkan secara menyeluruh bekas-bekas deterjen dan air.

2. Membersihkan Area Berlapis Kulit Sintetik

  • Bersihkan kotoran debu menggunakan vacuum cleaner. 
  • Sekalah dengan kain lembut yang dibasahi dengan deterjen netral diencerkan sekitar 1%. 
  • Peras kelebihan air pada kain dan bersihkan secara menyeluruh bekas-bekas deterjen dan air.

3. Mencuci Karpet

Ada banyak pembersih jenis busa komersial yang dapat digunakan. Gunakan karet busa atau sikat untuk penggunaan pembersih busa. Gosok secara overlapping memutar. Jangan menggunakan air. Bersihkan debu di permukaan dan biarkan mengering. Hasil yang baik diperoleh dengan menjaga agar karpet selalu kering. 


4. Membersihkan Sabuk Keselamatan ( Safety Belt )


Bersihkan dengan sabun lembut dan air hangat menggunakan kain atau karet busa. Juga periksa sabuk secara berkala dari keausan yang berlebihan, robek atau terpotong.


5. Jangan Menumpahkan Air 

Adapun hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan proses pembersihan bagian interior mobil yaitu jangan memercikan atau menumpahkan cairan didalam kendaraan. Jika ini terjadi, segera bersihkan dan keringkan untuk mencegah hubungan arus pendek ( konsleting ) pada sistem kelistrikan. Ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya malfungsi komponen atau meyulut kebakaran. 

Jangan membiarkan komponen atau kabel airbag manapun pada bagian interior menjadi basah. Sistem yang manlfungsi dapat menyebabkan airbag mengembang atau berfungsi tidak sempurna. 

Membersihkan bagian instrumen jangan menggunakan polish wax atau polish cleaner. Panel instrumen mungkin mencerminkan dari kaca depan, menghalangi pandangan pengemyudi dan penyebabkan kecelakaan. 


6. Jenis Detergen Harus Diperhatikan


Deterjen pembersih jangan menggunakan jenis yang dapat merusak warna interior kendaraan atau dapat menyebabkan goresan dan merusak lapisan cat.

• Bagian bukan tempat duduk: jangan menggunakan zat organik seperti bensin atau premium, larutan basa atau asam, pewarna, atau pemutih 

• Tempat duduk: jangan menggunakan zat Alkalin atau larutan asam, seperti thinner, bensin, dan alkohol.

Itulah panduan membersikan dan merawat bagian interior mobil ( cabin ) sesuai anjuran pabirkan. Ikuti langkah demi langkah agar Anda dapat melakukannya dengan maksimal. 

0 Response to "Panduan Membersihkan Interior Mobil ( Cabin ) Sesuai Anjuran Pabrikan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel