Perbedaan Horse Power ( HP ) Dengan Brake Horse Power ( BHP )

perbedaan Horse power dengan brake horse power



lksotomotif.com - Mungkin Anda sering mendengar atau pernah membaca  brake horse power ( BHP )  atau horse power ( HP ) pada mesin kendaraan. Ya, BHP dan HP memang banyak digunakan oleh para pabrikan sebagai satuan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin rancangan mereka.

Horse Power  adalah satuan ukuran yang banyak  digunakan dalam iklan mobil, dan juga sering digunakan oleh mereka yang bekerja di bengkel mesin, atau  para pria yang menggemari mobil ( Car Enthusiast ). Tetapi bagaimana dengan istilah Brake Horsepower atau BHP ? Perbedaan antara keduanya inilah yang akan kita bahas pada artikel ini. 

Horse Power 


Pertama mari kita kupas apa itu Horse Power. Satuan HP diciptakan oleh James Watt ( seorang penemu mesin uap ) yang pada awalnya menggunakan kuda untuk membantu pekerjaannya mengangkat baru bara dari tambang. James Watt pun menghitung berapa kekuatan  kuda yang dapat dikeluarkan selama 1 menit. Saat itu, satu Horse Power setara dengan 33.000 foot-pound. 

Untuk mengetahui lebih detail HP, kami telah membahasnya pada artikel berjudul Apa Itu Horse Power ( Tenaga Kuda ) pada Mesin

Hingga saat ini satuan HP adalah satuan yang paling umum digunakan untuk mengukur kekuatan mesin dengan cara menghubungkannya ke alat dynotest. Yang diukur oleh alat tersebut adalah kecepatan akselerasi maksimum dan kecepatan tertinggi mobil. 

pengukuran horse power mobil


Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa mobil tersebut sedang dilakukan pengkuran Horse Power. Roda penggerak mobil ( ban belakang ) berada tepat diatas roller dynotest. 

Untuk menjamin keamanan mobil agar tetap stabil dan mecegah mobil hilang kendali maka mobil diikat dengan tali penahan. Sedangkan fungsi kipas didepan mobil adalah untuk membantu mengalirkan udara dari depan dengan seakan - akan mobil dalam keadaan melaju dijalananan.

Brake Horse Power 

Sedangkan  Brake Horse Power ( BHP )  mengukur Horse Power  suatu mesin tanpa memperhitungkan hilangnya tenaga ( power loose ) yang disebabkan oleh beberapa bagian mesin, seperti kopling, transmisi, difrensial dan lain - lain. 

Sebenarnya tidak ada perbedaan utama antara BHP dan HP,  fakta bahwa ketika Brake Horse Power  diukur, torsi mesin ditentukan dengan cara menahan roda gila menggunakan torsi konverter layaknya pengukuran Horse Power. 

Untuk pengukuran Horse Power maka kendaraan harus dipanaskan dengan semua perlengkapan terpasang di mesin. Sedangkan Brake Horse Power disisi lain lebih merupakan perhitungan teoritis yang dibuat dan di seting di laboratorium dengan tanpa apapun yang menempel pada mesin.


pengukuran brake horse power mesin


Alat yang digunakan untuk mengukur besarnya Brake Horse Power pada mesin yaitu dynamometer. Ingat ya, dynamoter itu berbeda dengan dyno test. Jadi dengan kedua keterangan diatas Anda sudah bisa membedakan apa itu HP dengan BHP dan alat pengukurnya. 



Kesimpulan : 

1. HP adalah nilai tenaga kuda yang diukur dengan berbagai kekurangan akibat gaya gesek pada komponen pemindah daya, sedangkan BHP adalah tenaga kuda murni yang dikeluarkan oleh mesin.

2. BHP adalah pengukuran tenaga mesin tanpa kehilangan daya, sedangkan HP adalah BHP dikurangi kerugian daya.

3. HP diukur dengan menghubungkan mesin ke dynotest (dinamometer), sedangkan BHP diukur dalam lingkungan terkendali tanpa apapun yang terpasang ke mesin.


0 Response to "Perbedaan Horse Power ( HP ) Dengan Brake Horse Power ( BHP )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel