Perbedaan Enggine Flush, Purging Dan Fogging Pada Mobil

lksotomotif.com - Merawat mobil dengan baik akan menambah rasa kenyaman dalam setiap berkendara. Selain itu, perawatan yang rutin dilakukan juga akan memperpanjang usia pemakaian mobil itu sendiri sehingga ini sangat menguntungkan. 

Banyak jenis - jenis perwatan pada mobil yang bisa dilakukan oleh pemilik, baik itu perawatan yang dilakukan sendiri atau perawatan rutin yang dilakukan di bengkel langganan. Biasanya, perawatan yang dilakukan dengan sendiri adalah perawatan ringan seperti membersihkan bagian mobil yang kotor, menambah tekanan angin ban dan kerusakan - kerusakan kecil lainnya. 

Sedangkan perwatan yang besar dan sulit, ini harus dilakukan di bengkel atau spesialis karena memerlukan alat khusus dan keterampilan khusus seperti enggine tune Up atau trouble yang sulit ditemukan. 

Ada beberapa jenis perawatan mobil yang tidak termasuk dalam kategori service berkala, namun ini sangat penting yaitu Enggine Flush, Purging dan Fogging. Sebagian orang mungkin pernah mendengar ketiga jenis perawatan tersebut, namun sering terbalik mengartikannya.

Oleh sebab itu, pada artikel ini kami akan mengupas perbedaan diantara ketiganya. 


1. Enggine Flush 

mengenal apa itu enggien flush


Enggine flush adalah proses pembersihan bagian dalam mesin ( ingat ya, bagian dalam dan bukan bagian luar ). Lantas bagaimana cara membersihkannya ? yang jelas tidak dilakukan dengan cara pembongkaran. Enggine flush adalah proses pembersihan bagian dalam mesin yang mengandalkan cairan khusus yang dimasukkan kedalam mesin melalui lubang pengisian oli. 

Cairan ini biasanya diisi kedalam mesin sebelum mesin melakukan penggantian oli. Pada umumnya, mekanik akan mengisi cairan enggien flush kedalam mesin 10 menit sebelum dilakukan pembuangan oli dengan sebelumnya kondisi mesin menyala. 


2. Purging

mengenal apa itu purging



Jika enggine flush adalah proses pembersihan bagian dalam mesin, maka purging adalah pembersihan pada komponen - komponen sistem bahan bakar. Komponen - komponen yang termasuk dibersihkan yaitu injektor dan fuel pump untuk mesin diesel. 

Mengapa komponen - komponen bahan bakar perlu di purging ( dibersihkan ) ? seperti kita ketahui bahwa kandungan pada bahan bakar bisanya terdapat kotoran. Kotoran yang terangkat masuk kedalam saluran bahan bakar akan menjadi penghambat pada pumpa atau injektor. Jelas, ini akan menimbulkan kinerja komponen tersebut menjadi tidak maksimal. Akibatnya mesin juga akan berkeja menjadi tidak normal. 

Proses purging dilakukan dengan menggunakan cairan  dan alat khusus yang difungsikan sebagai tangki cadangan yang diisi dengan cairan purging. Saat melakukan purging, mesin dalam kondisi menyala.

3. Fogging

mengenal apa itu fogging


Fogging adalah proses pembersihan sirkulasi udara AC. Dengan melakukan fogging maka bau tidak sedap yang berasal dari dalam mobil akan terhempas keluar karena dorongan udara dari AC yang telah ditambahkan dengan gas khusus dari cairan fogging. 

Saat melakukan proses fogging, mesin menyala dan AC hidup pada level maksimal. Pada posisi tersebut, cairan fogging yang telah dirubah menjadi gas yang berbentuk asap diarahkan ke blower saluran masuk AC yang biasanya terletak pada bagian depan atas kaki penumpang sebelah kiri.

Saat proses tersebut, semua sirkulasi lubang AC akan mengeluarkan asap hingga beberapa menit. Proses inilah yang berfungsi mengangkat bau tidak sedap dari dalam mobil. Oh ya, selain itu nyamuk - nyamuk pada mobil juga dijamian pada mati. 

0 Response to "Perbedaan Enggine Flush, Purging Dan Fogging Pada Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel