Tips Mengatasi Wuling Almaz Susah Hidup Saat Di Stater

Wuling Almaz adalah salah satu mobil  yang meramaikan segmen SUV di Indonesia. Diawal kedatangannya pada tahun 2019, Almaz mendapat banyak sorotan karena harga dan fiturnya yang berbeda dari mobil - mobil Jepang.

Seiring dengan pemakiannya yang mencapai 1 tahun, kami mendapatkan informasi dari pengguna bernama Pieter Muliawan yang membagikan tips mengatasi masalah ( trouble ) yang terkadang bisa terjadi pada Wuling Almaz generasi pertama ( 5 seater ). Wuling yang dibeli pada bulan Mei 2019 tersebut telah melakukan jarak tempuh lebih kurang 28.000 Km.

Adapun gejalanya yaitu :

  • Mesin ngeden terlebih dahulu sebelum hidup
  • Gagal starter (ngeden tetapi  mesin tidak hidup juga)
  • Berhasil starter, namun setelah itu mesin langsung mati

Awalnya ini jarang terjadi, namun lambat - laun sering terjadi. Dari beberapa gejala tersebut, pemilik Wuling Almaz melakukan analisa pemeriksaan dan penggantian hingga akhirnya mesin dapat hidup kembali normal.


Diagnosis Wuling Almaz Susah Hidup Saat Di Stater

1. Apakah Baterai Lemah / Soak ? 


Jika baterai lemah atau soak, pasti distater tidak akan bisa. Setelah di cek ternyata tegangan pada baterai masih pada voltase normal. Namun gejala masih tetap terjadi ( sulit distater ).


2. Apakah Saluran Bensin / Ruang Pembakaran Kotor ? 


Selama  3 hingga 4 bulan belakangan mesin mengkonsumsi BBM jenis  Pertamax Turbo dan  telah dilakukan "pembersihan" dengan mencampurkan BBM + cairan COMPLETE FUEL SYSTEM CLEANER, namun gejala masih terjadi.


3. Apakah Relay Fuel Pump Lemah ? 


Setelah dilakukan penggantian relay fuel pump gejala hilang total.

Kesimpulan dari masalah diatas ternyata pada relay fuel pump ( relay bahan bakar ) yang lemah / rusak.

relay fuel pump penyebab wuling almaz susah hidup saat distater
Relay fuel Pump ( Bahan Bakar )

Beberapa pengguna Wuling Almaz yang lain merekomendasikan untuk mengganti relay Merek SGMW. Secara fisik bentuk relay bawaan Wuling berbeda dengan relay - relay aftermarket ( Merek PLID ).  

relay untuk mobil wuling


harga relay wuling



Soal harga, dari yang terlampir pada gambar diatas bahwa harga relay merek SGMW yang dibeli di bengkel resmi yaitu 60.000 untuk 2 Pcs.

Itulah tips mengatasi Wuling Almaz yang susah hidup saat distater. Tentunya ini adalah panduan dari sedikit masalah yang ada dan tidak ada jaminan masalah tersebut menjadi penyebab utamanya. Jika dalam mengikuti tutorial ini, mesin masih sulit hidup saat distater maka segeralah konsultasikan dengan bengkel resmi terdekat. 

0 Response to "Tips Mengatasi Wuling Almaz Susah Hidup Saat Di Stater"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 1 ( hapus sementara )

Iklan Tengah Artikel 2 ( hapus sementara )

Iklan Bawah Artikel ( hapus sementara )