Sejarah Ford Model T, Mobil Harga Murah Pertama Untuk Masyarakat Amerika

sejarah Ford model T



Setelah melihat review om Fitra yang mengunjungi museum angkut dan menjadi tamu istimewa karena diperbolehkan mengemudikan Ford Model T. Penulis jadi tertarik membahas sejarah mobil buatan pabrikan Amerika ini dan langsung berselanjar di internet untuk mencari informasi mengenai mobil yang sempat terkenal dan terjual hampir 15 juta unit pada saat itu.

Dari video review om Fitra yang penulis lihat, bahwa mobil ini benar - benar masih berfungsi dengan bentuk yang hampir tidak ada perubahan. Jelas, ini merupakan sebuah mobil mempunyai nilai sejarah tinggi dengan usianya yang mencapai 100 tahun namun masih tetap bisa dijalankan.

Ford model T merupakan mobil yang dibuat pada tahun 1908 yang didesain oleh Henry Ford, Childe Harolde Wills dan 2 orang Hongaria yakni József Galamb dan Jenő Farkas. Mobil ini merupakan mobil pertama dengan harga terjangkau yang saat itu banyak digunakan oleh masyarakat kalangan biasa di Amerika untuk keperluan sehari - hari.

Mobil - mobil yang dijual oleh Ford sebelum adanya Model T, harganya relatif sangat mahal. Hanya orang - orang kaya saja yang bisa memiliki mobil saat itu. Beberapa faktor yang menyebabkan mahalnya harga mobil saat itu karena perakitannya masih manual dan mengandalkan tenaga manusia.

Sedangkan pada perakitan Model T, Ford Motor Company mulai  menggunakan teknologi perakitan yang mengandalkan mesin. Ide ini berasal dari Henry Ford yang saat itu ia mengunjungi pabrik pemotongan daging. Dimana pada pabrik tersebut, daging - daging berjalan pada conveyor yang dijalankan oleh mesin. Dan ia berpikir bahwa merakit dengan mekanisme seperti ini akan sangat efisien, mengurangi biaya produksi dan dapat menjual mobil dengan harga terjangkau.

Mesin

Ford Model T ditunggangi oleh mesin segaris 4 silinder dengan kubikasi 2,9 L ( -+ 3000 CC ) yang dapat menyemburkan tenaga 20 PS dengan kecepatan maksimum 70 Km/jam. Mesin ini dapat dijalankan dengan 3 ( tiga ) jenis bahan bakar yaitu bensin, minyak tanah dan etanol.


Sedangkan untuk sistem pengapiannya, mesin ini menggunakan jenis magnet permanen yang dipasang pada piringan roda gila untuk menghasilkan tegangan ( seperti pada motor bebek saat ini ). Sehingga jika tidak ada baterai, mesin ini dapat dihidupkan dengan mekanisme engkol tangan pada bagian depan mesin.


Transmisi Dan Drive Train

Ford Model T memiliki mekanisme pengontrol kendaraan yang berbeda dengan saat ini. Pengontrolan throtle ( kabel gas ) berada pada tuas dibelakang roda kemudi. Sedangkan pengontrolan transmisi dan remnya juga unik.


Mobil ini memiliki tiga pedal yaitu pedal pada bagian sebelah kanan untuk rem, pedal bagian tengah untuk mundur dan pedal sebelah kiri untuk maju. Hampir - hampir mirip dengan mekanisme pengontrolan pada kapal.


Namun sayang,  pada tahun 1920-an, banyak masyarakat Amerika yang menginginkan mobil dengan bentuk yang lebih baik ( bukan  sekedar mobil yang kokoh dengan  terjangkau ).  Mereka menginginkan bentuk  yang berbeda, karena  selama bertahun-tahun Model T terkenal hanya dalam satu warna yaitu  hitam.

Saat selera berubah, Ford Model T  berakhir dan yang terakhir diluncurkan dari jalur perakitan pada 26 Mei 1927. Dengan total perakitan  mencapai 15 Juta unit dari tahun 1908 - 1927 sebelum akhirnya rekor tersebut direbut oleh VW Beetle pada tahun 1971.


0 Response to "Sejarah Ford Model T, Mobil Harga Murah Pertama Untuk Masyarakat Amerika "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel