Apa Itu Balapan Bracket Racing ?

mengenal balapan bracket racing




Sebagai penonton tentunya kita berharap dalam setiap ajang balapan tersaji kecepatan mobil - mobil yang luar biasa. Berlari saling mengejar satu dengan yang lain dengan kecepatan top speed dan skill pengemudi yang terampil pasti akan menjadi tontonan yang tidak membosankan. Salah satunya adalah balapan drag ( track lurus )  bracket racing. Apakah kalian pernah mendengar balapan ini ?

Pengetahuan Dasar Drag Racing

Untuk membahas pengertian balapan bracket racing secara keseluruhan, maka sebagai dasarnya kita akan berbicara tentang drag racing.  Drag racing pada dasarnya adalah balapan perlombaan akselerasi antara dua mobil yang dikendarai pada track lurus. Umunya panjang track sekitar 40 Km atau 20 Km, tetapi terkadang panjang lintasan juga lebih dari itu. 

lintasan  balapan bracket racing

Sederhananya adalah ketika balapan dimulai, mobil yang paling terlebih dahulu melintasi garis finish di ujung lintasan adalah pemenangnya.

Untuk memenangkan balapan bracket racing, pengemudi  memerlukan serangkaian keterampilan tertentu seperti kemampuan berekasi cepat,  menekan pedal gas agar kecepatan mobil sesuai keinginan dan mengontrol keseluruhan mobil dengan baik. Namun, ternyata itu juga belum cukup,  untuk bisa  menang juga dibutuhkan mobil yang kuat dan kencang.

Tidak semua orang mampu untuk membuat  mobil yang mampu bersaing dalam balapan kecepatan semacam ini, dan inilah balapan bracket racing dengan mobil - mobil kecepatan luar bisanya.

Apa Itu Balapan Bracket Racing ? 

Balap braket racing adalah bentuk balapan  dengan lintasan lurus yang memberikan catatan waktu pada salah satu mobil dalam perlombaan. Jenis lintan yang lurus dan rata memungkinkan semua jenis kendaraan dapat saling bersaing. Bahkan olahraga ini juga tidak tertutup untuk para amatiran karena memang semua orang bisa mengikuti ini bahkan dengan mobil sedan miliknya sebelum dikendarai kembali ke rumah.

Namun demikian, sebenarnya pada balapan ini bukan sekedar untuk berlari secepat mungkin, melainkan lebih dari itu. Sebelum balapan dimulai, pembalap mencoba untuk memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai garis finish dengan waktu terbaik. Kemudian mereka akan berusakan mengemudikan mobil sedekat mungkin dengan waktu yang mereka perkirakan.

Dalam balapan jenis ini, seluruh keterampilan dimainkan, termasuk keterampilan mengemudi, keterampilan mekanik dan mengenal kemampuan mobil serta kemampuannya diri sendiri.

Prediksi Waktu ( Dialling In


Sebelum perlombaan dimulai, pengemudi masing-masing mobil diminta untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai garis finish. Ini dikenal dengan istilah  "Elapsed Time", atau "E.T." Makanya, balapan bracket racing juga kadang-kadang dikenal sebagai "balap E.T."). Memperkirakan waktu tempuh terbaik disebut juga  "Dialling In ".

Bagi para pembalap amatiran, untuk menebak waktu terbaik butuh beberap kali latihan. Namun bagi para pembalap veteran yang sudah berpacu ratusan kali, mereka akan mudah mengetahui jika mobil mereka lari dari jalur yang diinginkan saat perlombaan. Sehingga prediksi mereka bisa sangat dekat dengan waktu sesungguhnya saat balapan.

Berdasarkan latihan yang  sudah dilakukan, pengemudi  harus mencoba dan memprediksi waktu yang tepat bahwa kendaraan dapat berlari sesuai dengan waktu prediksi. Lawan  akan melakukan hal yang sama. Diall in  ini ditempelkan di jendela mobil.

Dialling  in biasanya dipasang pada bagian cendela mobil dan ini ini digunakan untuk waktu start dan ketika melewati garis finish, dialling  in kedua mobil akan dihitung dengan waktu tempuh kedua mobil masing - masing.




Rintangan Dalam Balapan 

Balapan ini menggunakan display catatan waktu untuk setiap mobil, sehingga semua orang dapat mengetahui mobil mana yang paling cepat dan ini membuat balapan menjadi adil. Perbedaan antara dua waktu yang dihidupkan untuk start mobil yang lebih lambat.

Sebagai contoh, Misalkan mobil A ( mobil tecepat )  dialling in 13, 0 detik ( pengemudi mengatakan bahwa akan menyelesaikan balapan dalam waktu 13,0 detik ) dan mobil B ( mobil lebih lambat ) dialling in 14,0 detik. Maka mobil B akan memulai balapan satu detik sebelum mobil A atau mobil A memulai start 1 detik setelah mobil B start.

Ini artinya semua pembalap mendapatkan keadilan, jika kedua mobil menyelesaikan balapan dengan tepat waktu yang mereka prediksi maka mereka berdua akan melewati garis finish tepat pada waktu bersamaan. Walaupun pada faktanya, ini hampir tidak pernah terjadi. Sekarang mari kita lihat beberapa detail mengenai balapan bracket racing. 


Pemenang Lomba

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa setiap pengemudi menentukan dialling-in, mobil yang melintasi garis finish pertama seharusnya memenangkan perlombaan. Namun ternyata tidak sesederhana itu. 

Saat dialling in, seorang pengemudi akan memberikan perikaraan " Elapsed Time" dan tentu saja dia harus menyelesaikan waktu balapan sedekat mungkin dengan waktu yang ia prediksi. 

Namun, dialling in ini juga bertindak sebagai batas. Mobil apapun yang berlari melewati garis finish lebih cepat dari waktu yang ia prediksi disebut "Break Out". Jika sebuah mobil Break Out, dengan asumsi ternyata mobil lawannya tidak mendahului atau tidak melalukan pelanggaran apapun, maka mobil yang tidak break out lah yang memenangkan perlombaan. 

Mari kita ambil contoh sebelumnya. Mobil  A dialling in  13,0 detik. Maka  untuk mobil ini, waktu 13,01 akan dianggap hasil yang sangat baik. Namun jika ternyata mobil A melewati garis finish dengan waktu 12,99  detik ( lebih cepat 0,01 detik ) berarti masuk kategori mobil " Break Out".

Jika Mobil A berlari melewati garis finish dengan waktu 12,99 detik dan Mobil B 15,0 detik. Maka  mobil B  yang  akan menang meskipun waktu yang sangat lambat,  ini karena Mobil A mengalami  " Break Out" yaitu berlari lebih cepat daripada waktu dialling in. 

Contoh yang lain, misalkan mobil C dialling in 8 detik dan saat perlombaan ternyata melewati garis finish dengan waktu 7,99 detik ( lebih cepat 0,01 detik dari waktu dialling in ). Mobil D dialling in 8,5 detik dan saat perlombaan ternyata melewati garis finish dalam waktu 8,45 detik ( lebih cepat 0,05 detik dari waktu dialling in ). Dari selisih break out keduanya maka yang paling kecil adalah mobil C ( dia pemenangnya )

Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri pada balapan bracket racing, dimana pengemudi harus benar-benar tepat dialling in dan secara konsisten mempertahankan kecepatan kendaraan sesuai dengan waktu prediksi. 


Aturan Saat Memulai Balapan


Drag race dimulai dengan sistem lampu khusus yang dikenal sebagai " Christmas tree " atau pohon Natal, mungkin karena warna warni warnanya dan bentuknya. Mungkin pada kesempatan ini, kami tidak akan membahas lebih dalam mengenai lampu start ini. Kami akan membahasnya dilain waktu lebih detail. Tetapi secara sederhana, lampu akan menghitung mundut dan memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melewari garis start. 

Ketika tanda lampu lomba dimulai, waktu yang dibutuhkan pengemudi saat bereaksi juga akan berdampak terhadap hasil balapan. Mari kita ambil contoh untuk menjelaskan hal ini. 

Mengambil contoh pada kedua mobil yang telah kita bahas sebelumnya, jika mobil A tepat menyelesaikan lomba pada waktu 13 detik dan mobil B 14 detik maka keduanya menjalani balapan dengan sempurna ( walaupun ini hampir tidak mungkin ). 

Jika kedua pembalap memulai pada waktu yang sesuai dengan diall in, balapan akan menjadi seru. Namun, bayangkan jika driver mobil B bereaksi terhadap lampu 0,25 detik lebih cepat dibanding driver A. 

Jelas, driver B akan melewati garis finish 0,25 detik lebih cepat dibanding driver A. Namun ini belum tentu menang, sebab diall - in yang akurat dan konsistensi pengemudi adalah aspek penting dari balapan ini. 


Kesimpulan 

Balapan bracket racing adalah balapan yang dapat dilakukan  oleh siapapun dengan mobil segala jenis mobil. Bentuk balap ini lebih menekankan pada pengemudi daripada  kendaraan. Sekarang telah menjadi bentuk balap drag paling kompetitif di dunia, dengan jumlah pesaing terbesar.

Apa yang telah kami bahas disini adalah dasar - dasar balapan bracket racing, meskipun tentu saja masih banyak pengetahuan lain yang tidak kami bahas disini. Jika Anda merasa terispirasi, cukup pergi ke track lokal di kota Anda dan selamat mencoba. 

0 Response to "Apa Itu Balapan Bracket Racing ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel