Perbedaan Tilt Dan Telescopic Steering Di Roda Kemudi ( Stir )

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kenyamanan adalah menjadi kunci penting dalam setiap desain kendaraan. Semakin tinggi nilai kenyamanan pada sebuah kendaraan maka biasanya ini akan diikuti dengan harga yang tinggi.

Pabrikan berlomba - lomba menyematkan beragam fitur kenyaman disetiap produk yang dibuatnya. Semakin nyaman pengemudi mengendarai mobil buatannya maka semakin tinggi peluang mobil tersebut menjadi laris penjualannya.

Salah satu priotias yang layak  mendapatkan kenyaman dalam setiap perjalanan adalah pengemudi itu sendiri. Ini penting karena pengemudi lah yang menjadi ujung tombak kenyamanan dalam setiap perjalanan. Maka tak heran jika fitur-fitur yang berkaitan dengan pengemudi sangatlah banyak dibanding penumpang yang lain.

Diantara jenis - jenis fitur kenyamanan yang ada dibagian pengemudi adalah Tilt dan Telescopic Steering. Kedua fitur ini mempunyai fungsi yang berbeda - beda yang bisa disesuaikan oleh pengemudi itu sendiri.

apa itu tilt steering


Fungsi Tilt Steering


Tilt Steering adalah gerakan naik dan turun stir ( roda kemudi ) yang bisa distel oleh pengemudi. Ini digunakan untuk pengemudi yang mempunyai bentuk badan berbeda - beda seperti bentuk badan yang tinggi berati stir harus dinaikkan dan bentuk badan yang pendek yang berarti stir harus diturunkan. Namun keduanya juga tidak ada kepastian, semua tergantung dari kenyamanan pengemudi itu sendiri.

apa itutelescopic steering

Fungsi Telescopic Steering

Telescopic Steering adalah gerakan stir ( roda kemudi ) maju dan mundur yang bisa distel oleh pengemudi. Sama seperti tilt steering, penggunaan telesopic juga disesuaikan dengan kenyamanan bentuk badan pengemudinya. 

Dahulu batang  kemudi terdiri dari batang baja panjang yang menghubungkan langsung  roda kemudi dan  roda gigi steering. Desain ini sangat efisien, dan efektif dalam kontrol kendaraan. Namun secara teori ini sangat tidak aman ketika terjadi benturan pada bagian depan kendaraan ( tabrakan ). Tekanan yang besar pada bagian depan dapat mendorong roda kemudi ( stir ) dan ini dapat mencelakai pengemudi. 


fungsi tilt dan telescopic steering


Batang kemudi yang dapat dilipat juga terdiri dari poros panjang yang menghubungkan roda kemudi dan gear box  steering. Desain yang dapat dilipat ini terdiri dari lengan dalam dan luar, yang ditekan rapat bersama dengan sejumlah bantalan baja didalamnya. Bantalan baja ini ditekan ke dalam selongsong logam, dan ditahan dengan resin pengaman yang kuat, yang keras dan dirancang akan hancur  ketika tekanan tertentu terjadi pada bagian depan.

0 Response to "Perbedaan Tilt Dan Telescopic Steering Di Roda Kemudi ( Stir )"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel