Apa Itu Opposite Lock Steering Pada Mobil ?

Opposite lock juga dikenal sebagai counter steering, ini  adalah istilah sehari-hari yang digunakan oleh para pengemudi yang dengan sengaja mengarahkan mobilnya mengalami  oversteer yang dengan tujuan untuk  memutar kendaraan dengan cepat tanpa kehilangan momentum.

Ini adalah gaya khas yang digunakan oleh pengemdui mobil - mobil  reli  klasik  berpenggerak  roda belakang ( Reverse Wheel Drive ).  Yang mana teknik ini  digunakan ketika mobil mulai akan melewati tikungan dengan mengambil sudut yang besar. Istilah Opposite lock  dan counter sttering ini sebenarnya mengacu pada kondisi roda kemudi yang diputar berlawanan arah dengan arah tikungan saat bermanuver.

pengertian opposite lock steering

Teknik ini akan  bekerja lebih baik pada  jalan yang besar atau jalan basah  di mana gesekan antara ban dan jalan tidak terlalu tinggi ( traksi kecil ). Selain itu, teknik ini juga bisa digunakan pada jalan yang beraspal atau jalan dengan permukaan gesekan tinggi namun dengan catatan kendaraan harus memiliki kekuatan yang cukup untuk mempertahankan kecepatan konstan.


Sebelum masuk ke tikungan, roda kemudi mobil diputar sedikit ke arah tikungan  dengan sangat cepat, ini akan mengakibatkan gerakan memutar pada mobil yang mana bagian belakang mobil akan meluncur kearah luar. Efeknya, mobil akan bergerak menyamping dan pada kondisi tersebut roda kemudi diputar balik ( berlawanan ) untuk menjaga agar gerakan menyamping tersebut sesuai dengan jalur yang diinginkan.

Ketika mobil mencapai tikungan, ia sudah melewati sebagian besar sudut yang dibutuhkan dan melaju ke samping. Penyaluran  tenaga yang lancar pada saat ini akan mempercepat mobil ke tikungan dan kemudian melewatinya, secara bertahap gerakan kesamping kendaraan akan berhenti dan kembali normal.



Untuk mobil yang menggunakan penggerak roda depan ( Front Wheel Drive ), traksi roda belakang lebih kecil, ini karena roda belakang tidak menerima penyaluran tenaga dari mesin. Untuk membuat efek opposite lock steering pada mobil FWD biasanya pengemudi mengandalkan rem tangan roda belakang dengan kombinasi pedal rem kaki.

Sebenarnya teknik opposite lock ini  menjadi teknik yang berguna untuk menyelamatkan mobil dari kehilangan kontrol seperti selip yang tidak disengaja.

0 Response to "Apa Itu Opposite Lock Steering Pada Mobil ? "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel