7 Teknologi Pada Kendaraan Listrik Yang Diprediksi Akan Populer Pada Tahun 2020

Kita tidak benar-benar tahu apa saja yang akan tersaji pada kendraan listrik di tahun 2020 ini. Ini akan menjadi kejutan akan inovasi - inovasi terkini yang kian hari semakin memudahkan bagi pemilik kendraan listrik.

Perusahaan - perusahaan otomotif sudah lama memulai proyek mobil listrik mereka. Mengutip sumber dari nternational Energy Agency  bahwa pada tahun 2030 jumlah kendraan listrik di jalanan seluruh dunia mencapai 125 juta. Pada tahun 2017, pertumbuhannya 54 % atau sekitar 3,1 juta. IEA mengatakan bahwa kebijakan pemerintah adalah kunci dari tingkat pertumbuhan mobil listrik setiap tahunnya.

Tahun 2020 harus menjadi tahun yang menarik bagi model EV baru memasuki pasar. Beberapa merek tekenal mobil listrik didunia yaitu :


  • Tesla Model Y. 
  • Volkswagen ID.3.
  • Vivian R1T Truck. 
  • BMW iX3. 
  • Byton M-Byte. 
  • Mercedes EQC. 
  • Polestar (Volvo) Polestar 2. 
  • Volvo XC40 Electric.



Lantas apa sajakah 7 teknologi mobil listrik yang diprediksi akan populer pada tahun 2020 ? Dikutip dari interestingengineering, berikut ulasannya :

1. Baterai

teknologi batera pada mobil listrik


Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi baterai sangat lambat bagi banyak industri, termasuk EV. Inovasi dalam pengoptimalan mereka sangat minim sehingga sepertinya lithium-ion akan menjadi solusi utama untuk beberapa tahun mendatang.

Memang tidak siginifikan, tetapi peningkatan setiap tahunnya cukup stabil pada penggunaan bahan anoda dan katoda. Serta proses pabrikasi yang lebih ekonomis untuk mengurangi biaya 6-8% pada setiap baterainya.

Tetapi ada beberapa perkembangan menarik dan alternatif lain untuk menggantilkaan lithium-ion. Solusi seperti kapasitor mikro, sel bahan bakar oksida padat , polimer graphene, aluminium-grafit, dan teknologi kawat nano emas serta  bahan  alternatif berbasis natrium dapat dengan sangat baik menggantikan lithium-ion kedepannya. Banyak prediksi bahwa pada tahun 2020  merupakan tahun yang sangat menarik bagi teknologi baterai.

2. Charging ( Pengisian )


teknologi pengisian pada mobil listrik

Salah satu tren yang menarik untuk diperhatikan di pasar EV adalah peningkatan teknologi pengisian daya. Ini adalah syarat yang diperlukan bagi kendaraan - kendaran berbasi EV agar mudah diterima dikalangan masyarakat luas.

Bagi konsumen,  mereka saat ini masih terbatas dalam kapasitas  rentang biaya per pengisian dan waktu pengisian. Jika langsung dibandingkan dengan pasar mobil pembakaran internal (ICE), EVs jelas tidak cukup nyaman untuk perjalanan jarak jauh, meskipun mereka jauh lebih ramah lingkungan.

Tidak mudah untuk mengisi ulang baterai setiap 2-3 jam dan menunggu sekitar 30 menit untuk kembali ke jalan bagi kebanyakan orang. Untuk mengatasi masalah ini terus-menerus, produsen EV perlu meningkatkan ketersediaan stasiun pengisian cepat di seluruh dunia. Beberapa perusahaan, seperti Tesla, telah membuat beberapa langkah besar di bidang ini dengan menyediakan  stasiun supercharging global mereka.

3. Autonomos Driving

teknologi autonomos  pada mobil listrik

Banyak produsen EV telah membuat lompatan besar ke depan dalam berkendara yang otonom. Tesla, Toyota, Peugeot dan banyak lagi yang tanpa henti berupaya menjadikan ini kenyataan bagi sebagian besar pemilik mobil di masa depan.

Ini tidak hanya akan membuat long drive lebih nyaman untuk pengemudi, tetapi juga bisa membuat jalan kita jauh lebih aman. Setelah ditetapkan sebagai standar global, mungkin ini  akan mematikan beberapa pekerjaan konvesional  seperti perusahaan taksi, sopir, dan operator angkutan truk jarak jauh.

Volvo dan Baidu juga mengumumkan tahun lalu bahwa mereka bekerja sama untuk mengembangkan mengemudi otonom skala besar di Cina.

4. Solar Powered Cars


teknologi solar panel pada mobil listrik

Tren teknologi lain yang menarik untuk diperhatikan adalah mobil bertenaga surya. Banyak produsen mobil yang sudah bekerja dalam  membuat mobil surya menjadi kenyataan dimasa depan.

Dengan membiarkan baterai mobil diisi daya saat bepergian, ini bisa menjadi pengubah sistem mutlak untuk pasar EV. Sudah ada beberapa prototipe menarik saat ini sedang menjalani pengujian, dan 2020 bisa melihat beberapa dari mereka akan segera melakukan produksi.

5. Urban Mobility


teknologi urban mobility  pada mobil listrik

Tren teknologi EV lain yang harus diperhatikan adalah perkembangan yang terjadi dalam mobilitas perkotaan, terutama solusi berbagi mobil. Untuk EV, sudah ada beberapa aplikasi  yang memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari mobil EV tanpa pengeluaran keuangan yang signifikan yang diperlukan untuk membelinya sendiri.

Ketika perusahaan lain menyadari potensi pasar seperti itu, kita bisa melihat ledakan di aplikasi berbagi mobil, perusahaan, dan solusi lain beberapa tahun kedepan.

6. Electric Plane ( Pesawat Berbahan Bakar Listrik )


teknologi pesawat bertenaga listrik

Dengan semua kemajuan yang ada pada  teknologi EV untuk industri mobil, ini akan masuk akal  bahwa moda transportasi lain akan mengikuti ini. Salah satu contohnya adalah dunia  penerbangan.

Hingga saat ini, beberapa operator besar, agensi antariksa seperti NASA, pabrikan, dan startup baru telah mulai proyek pesawat listrik mereka, seperti EasyJet, percaya pesawat listrik bisa menjadi kenyataan pada tahun 2030.

Salah satu startup, Wright Electric yang berbasis di A.S., berencana membuat pesawat listrik jangka pendek sebagai standar untuk penerbangan di Timur Tengah dalam 20 tahun ke depan.

7. Software (connectivity, safety, information & entertainment systems)


teknologi hiburan pada mobil listrik


Peningkatan dan inovasi dalam perangkat lunak akan menjadi tren lain untuk ditonton pada tahun 2020. Sama seperti mobil -mobil yang masih menggunakan mesin pembakran dalam, hal-hal seperti konektivitas, keamanan, informasi, dan hiburan pada mobil sepertinya akan mengalami perkembangan menarik di tahun 2020.

Dengan diumumkannya   fitur "pemanggilan" Tesla beberapa tahun belakang, tahun ini mereka telah mengupdate yang fitur tesebut. Ini sangat menarik untuk melihat fungsi  barunya yang akan ditambahkan pada tahun 2020 ini.

0 Response to "7 Teknologi Pada Kendaraan Listrik Yang Diprediksi Akan Populer Pada Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel