Langkah - Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mengalami Kerusakan Akibat Banjir

Memasuki awal tahun 2020 beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana banjir yang begitu besar, jika dilihat dari potensinya ini memang lebih besar dibanding tahun - tahun sebelumnya. Berbagai kerusakan yang ditimbulkan menyebabkan kerugian yang masif bagi para korban bencana. Termasuk salah satunya adalah mobil - mobil yang tergebang banjir dan bahkan dibeberapa wilayah mobil - mobil juga dikabarkan hanyut terbawa derasanya arus air.

Mobil - mobil yang mengalami kebanjiran memang termasuk dalam kategori rusak berat, ini sudah pasti akan memakan biaya yang besar karena kerusakan komponen yang banyak. Namun, untuk mencegah kerusakan yang lebih besar dan meminimalisir biaya perbaikan, langkah baiknya sebagai pemilik mobil harus mengetahui langkah - langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menangani mobil bekas kebanjiran.

Berikut langkah - langkahnya

1. Jangan Menstater Mobil Anda

Jangan menstater mobil


Pertama, jangan coba nyalakan mobil Anda. Memutar kunci ketika air di dalam mesin dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut, membuat mobil Anda tidak dapat digunakan. Ini karena kita tidak dapat memastikan apakah lubang silinder kemasukan air atau tidak.

2. Mengevaluasi Kerusakan Yang Terjadi

mengevaluasi kerusakan total

Jika air banjir lebih dari beberapa meter, Anda harus memeriksa kerusakan mobil Anda segera setelah aman untuk melakukannya. Pertama-tama perhatikan kedalaman air , atau bisa juga dengan  bukti adanya garis air yang ditinggalkan oleh lumpur dan puing-puing yang mengelilingi mobil Anda. Permukaan air ini akan  dapat mengungkapkan banyaknya  tentang kondisi mobil Anda. Air yang tidak naik di atas bagian bawah pintu tidak mungkin menyebabkan kerusakan yang signifikan. Namun jika air mencapai bagian bawah dasbor atau bahkan lebih, maka kerusakan pasti lebih parah.

3. Lihat Polis Asuransi Anda

memeriksa polis asuransi


Jika Anda memiliki kebijakan komprehensif yang mencakup kebakaran dan pencurian, kemungkinan program asuransi Anda juga akan mencakup kerusakan akibat banjir. Tetapi pastikan untuk membacanya dengan seksama untuk memahami apa yang akan dan tidak akan diperbaiki atau diganti. Hubungi agen asuransi Anda, yang akan bekerja dengan Anda untuk menentukan bagaimana melanjutkan untuk proses kedepannya.

4. Mulai Melakukan Pembersihan 

melakukan pembersihan mobil

Semakin lama mobil Anda tetap terendam air, terutama jika air asin, semakin tinggi kemungkinan korosi. Segera setelah air surut  dan aman untuk pergi menyelamatkan,  maka bawalah mobil anda segera untuk proses pengeringan. Mengeringkan bagian dalam  kabin dengan cepat akan membantu mencegah jamur.

Buka pintu dan jendela mobil untuk mengeluarkannya, dan dapatkan handuk untuk menyeka air di kabin. Keringkan sisa cairan di atas karpet dan jok dengan vakum basah / kering. Jika memungkinkan, lepas kursi untuk dijemur keluar.

5. Mengatasi  Bau

mengatasi bau

Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu mengganti komponen interior yang terbenam dalam air banjir, termasuk  pelapis, panel pintu, dan karpet. Bekas banjir  yang melekat dapat menyebabkan masalah sendiri, membuat mobil Anda tidak nyaman untuk dikendarai. Salah satu cara untuk menghilangkan bau busuk mobil Anda ysitu dengan baking soda dan spons sebelum memasukkan salah satu komponennya kembali ke terpasang.

6. Periksa Oli

periksa kondisi oli

Anda dapat menilai banyak kerusakan yang diderita mobil Anda dengan melihat di bagian mesin. Periksa level oli terlebih dahulu untuk melihat tanda-tanda kerusakan mesin. Tetesan air pada dipstick menunjukkan masalah serius yang terjadi. Jika Anda melihat ini, jangan coba nyalakan mobil. Tetesan berarti bahwa air mungkin masuk ke mesin Anda. Jika Anda memutar kunci, silinder yang seharusnya bekerjan mengkompresi udara diganti dengan mengkompresi air dan ini sangat berbahaya. Solusinya, minta kepada mekanik anda untuk mengelurkan air didalam mesin. Tangki bahan bakar harus dikosongkan sepenuhnya.

7. Memeriksa Kerusakan Lain

memeriksa kerusakan lainnya

Air bajir dapat mempengaruhi kerusakan selain mesin, sehingga Anda perlu menguji komponen lainnya seperti listrik mobil Anda  dari  kerusakan. Cobahidupkan  lampu depan, sinyal belok, power windows, AC, lampu interior, dan stereo. Bagian mana pun yang tampaknya berfungsi secara berbeda dari sebelum banjir mengindikasikan potensi masalah listrik.

Jika Anda mendeteksi masalah, bawalah segera mobil anda ke bengkel. Periksa juga rem, power steering, reservoir pendingin, dan kopling Anda dari kerusakan. Jika Anda memiliki model yang lebih lama, periksa sistem bahan bakar Anda apakah ada tanda-tanda kemasukan air juga.

8. Menunggu Keputusan Dari Asuransi

menunggu keputusan dari asuransi


Agen asuransi akan mengevaluasi mobil Anda untuk memutuskan apakah dapat diperbaiki atau perlu diganti. Mereka akan menimbang nilai kendaraan terhadap biaya perbaikan. Jika biaya memperbaikinya  lebih dari nilai standar, mereka akan menganggapnya sebagai biaya penggantian total. Agen akan mengambil foto kerusakan sebagai pelengkap klaim asuransi Anda.

9. Pertimbangkan Untuk Dijual

mempertimbangkan mobil untuk dijual

Jika biaya perbaikan lebih besar dari pada membeli mobil pengganti, Anda mungkin perlu mulai berpikir untuk membeli mobil lain dengan menjual mobil bekas banjir anda. Jika Anda membeli bekas, telusuri daftar mobil bekas dan lanjutkan dengan hati-hati. Sebelum Anda membeli, pastikan untuk mendapatkan laporan riwayat kendaraan, yang memberikan latar belakang yang komprehensif pada mobil. Ini akan memberi Anda sejarah penjualan dan kepemilikan, pembacaan odometer, dan catatan perbaikan, serta informasi paling penting  apakah mobil mengalami kecelakaan, banjir, atau kebakaran.

Jika Anda puas dengan laporannya, bawa mobil ke montir untuk diperiksa oleh pihak ketiga sebelum ada uang yang keluar dari tangan Anda.

Dengan melakukan langkah - langkah yang harus dilakukan saat mobil mengalami kerusakan akibat banjir, maka anda mempunyai pilihan yang lebih tepat untuk melakukan proses perbaikan kedepannya. Segeralah berkonsultasi dengan bengkel langganan anda untuk segera dilakukan penanganan.

0 Response to "Langkah - Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mengalami Kerusakan Akibat Banjir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel