Mengenal Jenis Penggerak Roda Pada Truk ( 4x2, 4x4, 6x2,6x4 )

Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin akan diteruskan ke setiap roda dengan beragam jenis mekanismenya  sesuai dengan kendaraan tersebut. Umumnya pada mobil - mobil kecil ( passanger ), penggerak roda yang digunakan hanya 2 roda. Pabrikan memang sengaja membuatnya seperti itu karena memang pada kendaraan kecil tidak membutuhkan tenaga yang besar layaknya mobil - mobil besar.

Berbeda dengan truck yang memang kendaraan ini didesain untuk mengangkut material - material berat sehingga membutuhkan pasokan tenaga yang kuat. Dengan alasan inilah, pada truk jenis penggerak rodanya agak sedikit berbeda dengan mobil - mobil kecil. Biasanya jenis penggerak roda pada truk bisa diketahui dari emblem yang menempel pada bagian kepada truk bagian depan.

Biasanya akan tertulis 4x2, 4x4, 6x4 dan lain - lain. Nah, apakah kalian paham dengan arti tulisan tersebut ? jika kalian sudah memahaminya silahkan left artikel ini. Namun jika kalian belum mengetahuinya, kami akan membahas mengenai hal tersebut.

Rumus yang digunakan untuk mengetahui arti dari tulisan tersebut yaitu :

Jumlah as roda x jumlah as roda penggerak

Jenis penggerak roda pada truk
Jenis penggerak roda pada truk


Ingat ya, bukan jumlah roda melainkan jumlah as roda. Sebagai contoh pada gambar diatas 4x2, ini mempunyai arti bahwa kendaraan tersebut mempunyai  jumlah as roda    4  dan jumlah as penggerak roda 2. 

Penggerak 8x4 mempunyai arti bahwa kendaraan ini mempunyai jumlah as roda 8 dan 4 sebagai as penggerak as roda. 

Penggerak 4x4, ini sama seperti mobil yang menggunakan mekanisme 4WD ( Four Wheel Drive ) yang mana pada kendaraan tersebut mempunyai jumlah as roda 4 dan  4 as roda sebagai penggerak ( semua roda berpenggerak ). 

Bagaimana apakah kalian sudah memahami mekanisme jenis penggerak roda pada truk ? semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Jenis Penggerak Roda Pada Truk ( 4x2, 4x4, 6x2,6x4 )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel