Jenis - Jenis Air Bag Yang Terpasang Pada Mobil

Untuk menjamin tingkat keamanan pengemudi dan penumpang didalam mobil, air bag terpasang di beberapa lokasi. Ini bertujuan agar ketika kendaraan mengalami benturan dari segala sisi maka penumpang didalamnya dilindungsi secara maksimal oleh air bag.

Oleh karenanya air bag pada mobil bermacam - macam jenisnya dan diletakkan pada lokasi berbeda. Pemasangan air bag ini juga tidak sembarangan, tentunya berdasarkan sisi dimana kendaraan sering mengalami benturan yang berdampak fatal pada penumpang didalamnya.

Adapun jenis - jenis air bag yang ada didalam mobil adalah sebagai berikut :

1. DAB ( Driver Air Bag )

Air bag untuk pengemudi
Air bag untuk pengemudi
Ini adalah air bag yang wajib ada didalam mobil, kalaupun di sisi yang lain tidak ada maka DAB harus ada. Pengemudi rawan mengalami benturan dan mengakibatkan cidera yang serius. Ini karena pengemudi berhadapan langsung dengan roda kemudi yang ketika terjadi benturan, maka pengemudi akan terlempar kedepan dan membentuk roda kemudi.

Walaupun memang saat ini roda kemudi juga sudah didesain sedemikian rupa agar tidak menonjok pengemudi ketika terjadi benturan. Namun demikian, penambahan perangkat air bag tepat ditengah - tengah roda kemudi adalah cara aman untuk mencegah benturan yang keras.

2. Passanger Air Bag

Lokasi air bag pada bagian dasbord
Lokasi air bag pada bagian dasbord
Posisi modul untuk penumpang di tempatkan di dalam glove box dalam dash board. Ada dua macam
cara pemasangan PAB : yang pertama dipasang di dalam Dashboard dan cara satunya lagi adalah
dipasang diluar. Untuk yang dipasang di dalam Dashboard, tampilan Dashboard terlihat bersih dan rapi, namun ketika PAB meletus, maka bagian luar Dashboard harus diganti dengan yang baru. Untuk tipe later yang terpasang terpisah, tampilannya kurang bagus, namun pada saat dia meletus, hanya
komponen PAB terpisah yang diganti.

Perangkat air bag untuk penumpang yang terletak dibelakang dasbord
Perangkat air bag untuk penumpang yang terletak dibelakang dasbord
PAB fungsinya adalah untuk melindungi penumpang depan ketika terjadi kecelakaan. Dikarenakan PAB  diharapkan dapat melindungi dengan area yang lebih luas, maka volumenya sekarang adalah sekitar 120~160•. Namun yang perlu diperhatikan  adalah faktor bahaya yang diakibatkan  adanya handphone atau benda lain mengenai area meletusnya air bag. Karena apabila Air bag meletus, benda diatasnya akan terpental dan mengenai orang di depannya

3. Side Air Bag

Air Bag pada bagian samping
Air Bag pada bagian samping
Side airbag dikembangkan untuk membantu mengurangi resiko cedera akibat benturan dari samping,
sehingga dapat berakibat buruk pada bagian  kepala dan mengakibatkan kematian. SAB dirancang untuk menyerap benturan antara orang di dalam dengan pintu kendaraan apabila terjadi tabrakan dari samping kendaraan.

Kantong udara ini bisa dipasang dikursi untuk melindungi dada atau kepala/dada. Ketika kendaraan mengalami benturan dari samping, maka  kantong udara  (Air bag samping) akan meletus dan  kantong udara dapat mengurangi resiko cedera sekitar 20% pada bagian dada.


4. Curtain Air Bag

Tirai air bag
Tirai air bag

Curtain airbag module dapat memberikan perlindungan yang lebih pada kepala dan leher pengemudinya. Rollover (jungkir balik) adalah penyebab serius terjadinya cedera, terutama pada kepala dan leher. Sehingga ada lagi tambahan kantong udara yang disebut dengan curtain air bag module untuk mengatasi  keadaan apabila mobil terjungkir balik. 

Curtain air bag module meletus dari bagian atap  kendaraan dan bisa  dikombinasikan dengan sistem side impact air bag. Curtain air bag module dapat  memberikan perlindungan yang lebih baik ketika kendaraan mengalami tubrukan dan terjungkir balik.

Cara kerja tirai air bag
Cara kerja tirai air bag
Curtain air bag akan tetap meletus selama lebih dari 6 detik untuk mempersiapkan kemungkinan terjadi  lagi benturan selanjutnya karena tubrukan beruntun  atau ketika kendaraan jungkir  balik. Ketika benturannya terjadi dari samping kendaraan, kantung udara ini akan melindungi penumpangnya agar tidak terlempar keluar.

0 Response to "Jenis - Jenis Air Bag Yang Terpasang Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel