10 Kebiasaan Efektif Agar Pemakaian AC Mobil Lebih Efisien



AC ( Air Conditioning ) adalah sistem pendingin yang ada pada mobil. Tidak semua mobil memang mempunyai AC, namun mobil - mobil penumpang pasti mempunyai AC. Ini karena fungsi AC yang dapat mendinginkan ruang kabin sehingga menambah rasa kenyamanan dalam perjalanan.

AC yang ada saat ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

1. AC Dingin
AC dingin biasanya ada pada kendaraan - kendaraan yang dijual pada negara - negara sub tropis, seperti di Indonesia. Ini karena memang sebagian besar suhu di Indonesia adalah panas, sehingga diperlukanlah sistem pendingin pada mobil.

2. AC Panas
Bagi sebagian orang memang terlihat aneh, karena memang AC yang ada di Indonesia adalah AC dingin. Namun ini berlaku untuk wilayah - wilayah yang memang mempunyai iklim dingin seperti Eropa, Amerika dan lain-lain. Jadi mobil - mobil yang dijual di Negara - negara tersebut biasanya memilik dua sistem AC yaitu panas dan dingin. Penggunaannya tentunya disesuaikan dengan kondisi iklim yang sedang terjadi.

Penggunaan AC yang tidak tepat dapat membuat kerja AC semakin berat dan menurunkan masa pakainya. Bukan hanya itu, konsumsi bahan bakar juga akan lebih boros. Karena dengan hidupnya AC maka kerja mesin semakin bertambah untuk memutarkan kompressor AC. Oleh sebab itu, sebagai pengemudi kita harus tahu hal - hal apa saja yang harus dilakukan untuk pemakaian AC yang lebih Efektif  dan efisien.

1. Parkir Di Area Tertutup

parkir mobil pada area yang dingin

Memilih lokasi parkir dengan suhu yang lebih rendah adalah pilihan terbaik. Oleh sebab itu, parkirkanlah kendaraan anda pada ruang garasi yang terlah disipkan. Kondisi mobil pada posisi ini akan menjaga suhu kabin tetap terjaga, sehingga nantinya AC tidak terlalu bekerja keras untuk mendinginkan suhu ruangan.

2. Menggunakan Bahan Pelindung Panas Pada Kaca Depan

menggunakan pelindung cahaya pada kaca depan mobil

Jika harus terpaksa parkir pada area yang langsung terpancar oleh matahari, maka pasanglah bahan pelindung panas pada area kaca depan. Komponen ini banyak dijual dipasaran, namun jika tidak ada, anda bisa menggunakan bahan lain yang dapat mencegah pancaran panas langsung masuk ke ruang kabin.

3. Buka Semua Kaca Setelah Mobil Pada Lokasi Yang Panas

buka semua kaca saat pertama kali

Setelah mobil anda parkir pada area yang terkena matahari langsung, maka mobil akan mengalami kenaikan suhu pada ruang kabin. Dan ini sangat tidak nyaman, oleh karena itu bukalah semua kaca agar suhu panas tersebut segera berkurang yang dibantu dengan menghidupkan AC.

4. Selalu Gunakanlah Mode Low  

menggunakan mode low ac

Pada saat switch AC On, gunakanlah mode rendah untuk memaksimalkan kerja AC dalam mendininginkan  ruang kabin. 

5. Selalu Gunakan Mode Sirkulasi

menggunakan mode sirkulasi

Udara AC yang baik adalah udara yang didapat dari hasil sirkulasi ( putaran udara ) dari luar ke dalam. Oleh sebab itu, pilihlah mode sirkulasi agar kondisi udara AC lebih terjamin dengan baik. 

6.  Meningkatkan Putaran Blower Pada Kondisi Macet / Ramai Lalu  Lintas

menaikkan kecepatan blower saat kondisi macet

Pada kondisi macet atau ramai lalu lintas, tingkatkanlah kecepatan blower dengan mengatur pada posisi lebih tinggi. Ini karena pada konsdisi ini, suhu disekitar akan semakin panas dan jangan biarkan AC hanya mengandalkan gas freon saja, melainkan harus dibantu dengan putaran blower yang lebih tinggi.

7. Pertahankanlah Suhu Yang Sesuai Dengan Penumpang 

pertahankan mode AC

Semakin sedikit penumpang pada ruang kabin maka semakin mudah AC dalam mendinginkan ruangan. Sebaliknya, semakin banyak penumpang maka semakin berat AC dalam mendinginkan ruangan. Oleh sebab itu, pertahankanlah suhu AC sesuai dengan kondisi penumpang didalamnya. 

8. Pertankanlah Kecepatan Blower Pada Mode Kecepatan 3

setihg mode kecepatan blower pada level

Pada kondisi normal ( tidak macet ), maka memilih kecepatan blower pada level 3 adalah yang terbaik.

9. Selalu Gunakanlah Produk Freon Original Yang Direkomendasikan Oleh Pabrikan

gunakan produk asli

Preon adalah bahan utama yang bekerja pada AC untuk menghasilkan udara yang dingin. Pemakain dalam waktu tertentu akan menyebabkan kondisi preon berkurang dan jika hal ini terjadi harus segera diisi ulang. Lakukanlah pengisian ulang menggunakan produk yang direkomendasikan oleh pabrikan.

10. Penggantian Saringan AC

ganti saringan ac sesuai dengan anjuran pabrik

Seperti yang tertera pada gambar diatas, bahwa setiap mobil mempunyai interpal waktu pergantian saringan AC yang berbeda - beda. Oleh sebab itu, sesuaikanlah penggantian saringan AC mobil anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Demikianlah 01 cara efektif agar pemakaian AC mobil lebih efisien, semoga bermanfaat..



0 Response to "10 Kebiasaan Efektif Agar Pemakaian AC Mobil Lebih Efisien "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel