Fungsi Peringan Kopling ( Clutch Extender ) Pada Mobil Dan Cara Kerjanya

Saat ini hampir semua jenis atau merek mobil mempunyai pilihan kopling otomatis. Biasanya para pembeli memilih mobil dengan kopling otomatis dengan beragam alasan. Alasan yang paling umum adalah mudah dalam pengoperasian dan tidak cepat lelah.


Namun demikian, mobil dengan kopling manual juga banyak peminatnya. Mungkin karena harganya yang lebih miring dibanding dengan mobil sejenis yang menggunakan jenis kopling otomatis. Atau mungkin " The Real Man Use Three Pedals " yang sering menjadi ejekan bagi pengguna kopling manual kepada kopling otomatis. Dan beragam alasan lainnya yang mengakibatkan mereka masih mencintai mobil dengan kopling manual.

Secara umum jika dibandingkan dengan kopling otomatis, maka jelas kopling manual akan membuat para penggunanya lebih cepat lelah, terutama pada bagian kaki. Karena harus sering melepas dan menekan kpoling sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Naas jika harus melewati jalan yang sangat macat, maka pengendalian kopling harus benar-benar tepat dan ini sungguh sangat melelahkan sekujur badan.

Pada jenis kopling manual terdapat 2 jenis penggerak yaitu jenis mekanik dan hidrolik. Jenis mekanik menggunakan kabel baja yang digunakan untuk menarik lever kopling. Sedangkan pada jenis hodrolik memanfaatkan tekanan cairan.

Ternyata ada solusi yang bisa anda lakukan untuk meringankan kopling mobil hanya dengan menambahkan perangkat peringan ( pengenteng ) tekanan kopling. Komponen extender cluth ini banyak dijual dipasaran untuk segala jenis mobil dengan tipe yang berbeda - beda dan harganya tidak terlalu mahal kisaran 150 sampai 200 ribu. Fungsi alat ini adalah untuk meringkan tekanan kopling sehingga mencegah pengemudi mengalami cepat lelah.

Peringan ( pengenteng ) Kopling
Peringan ( pengenteng ) Kopling 
Gambar diatas adalah komponen peringan ( pengenteng ) kopling yang digunakan untuk jenis mobil tertentu. Komponen ini terdiri dari 2 part yaitu :

  • Lever Extender yang berfungsi sebagai penyambung pada lever kopling dan pengait kabel kopling.
  • Holder Cable berfungsi sebagai dudukan penyetel kabel kopling. 

Prinsip Kerja Peringan Kopling 

Setelah anda melihat komponen diatas pasti bingung bagaimana cara kerjanya sehingga tarikan kopling jadi makin enteng. Ternyata prinsip yang digunakan sangat sederhana, hanya mengandalkan sebuah batang untuk memperkecil daya penekanan seperti pada pelajaran - pelajaran fisika dasar. 

Berikut adalah prinsip kerja yang dilakukan oleh clutch extender untuk meringankan tarikan kopling. 

Prinsip Kerja Pengenteng Kopling
Prinsip Kerja Pengenteng Kopling
Kita akan coba membuktikannya dengan teori fisika dasar pesawat angkat dan angkut : 

Gambar A
Diketahui 
W = 50 Kg, kita rubah ke satuan Newton menjadi 50 Kg x 10 m/s2 = 500 N
Panjang lengan A = 2 m 
Panjang lengan B = 10 m

Rumus = W x Lengan A / lengan B
= 500 x 2 / 10 = 100 Newton
Gaya yang dibutuhkan untuk mengangkan beban 50 Kg pada gambar A adalah 100 Newton


Gambar B
Rumus = W X lengan A / lengan B
= 500 x 2 / 13 = 76 Newton
Gaya yang dibutuhkan untuk mengangkan beban 50 Kg pada gambar B adalah 76 Newton

Kesmpulannya bahwa dengan menambah extender sepanjang 3 meter pada gambar B dapat meringankan gaya sekitar 24 Newton ( 100 - 76 ). 

Selanjutnya kita akan coba menjelaskan bagaimana pemasangan clutch extender pada kopling mobil. 


penarik kopling standar


penarik kopling menggunakan peringan kopling

Dari kedua gambar diatas bahwa cara memasang clutch extender adalah untuk memanjangkan lever kopling, sehingga gaya tarik ( tekan pedal ) menjadi lebih ringan. Dan efeknya tentunya pengemudi ringan. 

Setelah membaca artikel ini anda bisa membuatnya dengan sendiri atau membelinya di toko online dengan kisaran harga 150 sampai 200 ribu. 


0 Response to "Fungsi Peringan Kopling ( Clutch Extender ) Pada Mobil Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel