Apa Itu Toyota Hybrid Sinergy Drive ( HSD ) Dan Bagaimana Cara Kerjanya ?


Toyota sudah lama memperkenalkan teknologi mobil Hybrid mereka yang diberi nama Hybrid Synergy Drive. Mobil - mobil hybrid mereka akan dipasang sebuah emblem HSD yang ada dibagian belakang. HSD merupakan teknologi mobil  yang bekerja hybrid secara penuh.

Mobil - mobil toyota yang menggunakan teknologi ini  dapat menempuh jarak 1,5 km - 16 km dalam berbagai mode pengoperasian bahkan tanpa mengandalkan bahan bakar, hanya mengandalkan putaran motor listrik saja. Berbeda dengan merek - merek lain yang menanamkan teknologi hybrid pada produknya masih mengandalkan putaran mesin sehingga hal ini akan berpengaruh akan efisiensi bahan bakarnya.

Pada teknologi Hybrid Synergy Drive, mesin akan menampilkan display " Drive by Wire" yang mana pada mode ini putaran mesin tidak dikendalikan oleh pedal gas melain semi autodrive yang bekerja berdasarkan beberapa sensor yang selanjutnya itu  sebagai data koreksi oleh ECU untuk mengatur putaran mesin. Selain itu, sensor TPS ( throtle Posision Sensor) menentukan daya yang dibutuhkan oleh mesin untuk respon throttle yang diberikan.

Mesin Hybrid Synergy Drive
Mesin Hybrid Synergy Drive

Jika dibandingkan dengan jenis mesin konvensional biasa, maka teknologi HSD sangat lebih baik. Karena pada umumnya mesin - mesin konvensional tidak dapat mengatur RPM mesin dengan  yang mana ini akan menghasilkan banyak loss energy.

HSD dilengkapi dengan e-CVT ( electronic - Continous Variable Transmisi ) atau komputer yang berfungsi untuk mengatur rasio gigi terbaik pada waktu tertentu. Dengan demikian maka mesin akan bekerja secara optimal sehingga menghasilkan lebih banyak efisiensi. Dan hebatnya lagi, sistem ini dapat mematikan mesin saat tidak diperlukan.

Hybrid Synergy Drive akan mempertahankan dan mengatur dengan baik antara putaran roda dan mesin. HSD akan mempertahyankan RPM konstan antara 1500 - 2000, ini karena pada kondisi tersebut adalah paling efisien untuk sebuah mesin pembakaran dalam ( internal combusion ).

Selain itu juga  pada teknologi HSD dilengkapi dengan dua motor listrik ( generator ) dan satu motor pembakaran dalam ( internal combusion ). Motor ini diberi nama MG1 & MG2 ( Motor Generator ) yang dapat menghasilkan listrik atau dapat menggunakannya untuk memberi daya ke mesin secara langsung ataupun tidak langsung.

Sistem kelistrikan yang mendapat suplay listrik dari motor MG1 yaitu :

  •  Komponen yang berfungsi untuk menghidupkan mesin, 
  • Mengisi baterai, 
  • dan mesuplay tegangan ke motor MG2.

Sedangkan   motor MG2 sebagai penyuplai listrik untuk

  • Komponen penggerak sistem kemudi yang juga dibantu oleh motor MG1,
  • Mengisi baterai 
  • dan menjadi generator untuk pengereman regenartif.
Cara kerja Hybrid Synergy Drive
Cara kerja Hybrid Synergy Drive

Dari gambar cara kerja diatas, kami akan menjelaskan bagaimana HSD bekerja dengan sempurna pada gigi rendah dan gigi tinggi.

  1. Pada posisi gigi rendah, putaran mesin akan lebih cepat dibanding dengan putaran roda. Motor Generator 1 ( MG1 ) memanfaatkan kecepatan mesin yang berlebih ini untuk memutarkan MG1 sehingga menjadi generator. Listrik yang dihasilkan oleh MG1 pada kondisi ini akan disalurkan ke Motor Generator 2 ( MG2 ) yang bertindak sebagai motor listrik dan memberikan torsi ke roda penggerak.
  2. Pada posisi gigi tinggi, roda berputar cepat saat mesin bergerak pada kecepatan lambat atau idle. Kecepatan berlebih ini dimanfaatkan oleh Motor Generator 2 ( MG2 ) untuk memutarkannya menjadi generator. Listrik yang dihasilkan oleh MG2 akan disalurkan ke MG1 sebagai motor listrik yang memberi daya ke roda penggerak juga untuk mempertahankan kecepatan tinggi. Semua motor listrik ini membantu penggerak yang lebih efisien dari pada sebelumnya.
Teknologi ini telah ditanamkan dibeberapa merek Toyota seperti Toyota Prius, Alphard, Lexus Dan dibeberapa model Nissan. Ini merupakan terobsan luar biasa untuk masa depan kendaraan yang lebih baik bagi lingkungan.

0 Response to "Apa Itu Toyota Hybrid Sinergy Drive ( HSD ) Dan Bagaimana Cara Kerjanya ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel