Cara Mudah Mengetahui Nama-Nama Sekering ( Fuse ) Yang Ada Pada Mobil

Cara Mudah Mengetahui Nama-Nama Sekering ( Fuse ) Yang Ada Pada Mobil

Sekering atau dalam bahasa inggrisnya Fuse adalah termasuk komponen yang berfungsi penting pada sistem kelistrikan. Fungsinya adalah sebagai pengamana untuk membatasi aliran arus listrik pada sebuah penghantar dengan memutuskannnya. Sebagai contoh, jika sebuah sekering mempunyai kapasitas arus 5 A ( amper ), maka ketika ada sebuah arus yang melewatinya lebih besar akan secara otomatis sekering terputus dengan sendirinya.

Jika ingin menggunakannya kembali tidak bisa dan harus diganti dengan sekering baru dengan kapasitas sama. Dalam kondisi darurat sekering yang putus bisa diperbaiki dengan cara melilitkan kabel pada kedua ujungnya, namun hal ini sangat beresiko. Sehingga ketika sudah mendapatkan fuse yang baru, segeralah ganti.

Pada mobil terdapat banyak sistem kelistrikan yang ada seperti sistem penerangan, audio, kelistrikan mesin dan lain - lain sehingga hal ini harus semua sistem kelistrikan ini harus dilengkapi dengan 1 atau 2 fuse pada setiap rangkaian. Seperti halnya lampu kepala ( Head Lamp ) yang terdiri dari bagian kanan dan kiri, maka pada sebagian mobil untuk rangkaian lampu kepala dilengkapi dengan 2 fuse.

Tentu saja banyaknya sekering yang ada pada kotak fuse ( fuse box ) akan sangat membingungkan bagi sebagian orang yang belum tahu cara mengetahuinya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan bagaimana cara mengetahui nama-nama sekering ( fuse ) yang ada pada mobil. Sebagai tutorialnya kami menggunakan mobil Calya/Sigra namun prinsipnya sama dengan merek - merek mobil yang lain.

1. Lepas Tutup Fuse Box 

Lepas tutup fuse Box
Lepas tutup fuse Box

Setiap kotak fuse ( fuse box ) dilengkapi dengan penutup yang mempunyai sistem pengunci pada kedua sisinya. Untuk membukanya sangat mudah, tekan kedua pengunci pada bagian sisi dengan bersama-sama menariknya keatas.

2. Balik Tutup Fuse Box

Balik tutup fuse box
Balik tutup fuse box

Setelah penutup fuse box dibuka, maka akan kelihatan keterangan setiap fuse yang tertera nama-nama setiap fuse. Inilah yang menjadi pedoman bagi para mekanik untuk mengetahui setiap fuse yang akan diperiksa. Dan kamu pun akan bisa mengetahuinya setelah membaca artikel ini hingga tuntas.

3. Mencocokkan Nama - Nama Fuse 

Mencocokkan nama-nama fuse
Mencocokkan nama-nama fuse
Nah di langkah yang terakhir ini adalah kamu tinggal mencocokkan saja nama - nama fuse yang berada pada fuse box ke sekering - sekering yang masih menempel. Untuk mencocokkannya, jangan sampai terbalik ya. Cara mudahnya, kamu lihat saja mana bagian ujung fuse yang menyerupai pada penutup.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, yang mana relay ST ( stater ) sebagai patokan untuk membalik penutup kotak sekering yang benar. Fungsinya mencegah agar tidak salah dalam mencocokkannya.

Dengan dapat mengetahui nama-nama sekering pada mobil, maka ini sebagai ilmu awal yang bisa dipergunakan jika sewaktu - waktu ada sistem kelistrikan yang rusak. Misal, lampu kepala sebelah kanan tidak menyala, maka kamu bisa coba untuk memeriksa fuse lampu kepala kanan ( Right ) dari kemungkinan putus. Jika demikian, maka kamu sudah bisa menggantinya dengan sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel langgnan dan tentunya sangat mengehmat pengeluaran.

Demikian tips dari kami mengenai cara mudah mengetahui nama - nama sekering yang ada pada mobil. Semoga kamu bisa memahaminya dengan mudah dan bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Nama-Nama Sekering ( Fuse ) Yang Ada Pada Mobil "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel