Apa Itu Limited Slip Diffrential ( LSD ), Bagaimana Cara Kerjanya ?

Lampu Indicator LSD
Lampu Indicator LSD

Apakah anda tahu apa itu diffrensial ? ya difrensial adalah komponen yang termasuk dalam kategori chasis yang berfungsi menerima putara dari transmisi yang selanjutnya akan diteruskan ke roda belakang kanan dan kiri. Pembagian putaran setiap roda akan disesuaikan dengan kondisi kendaraan apakah berjalan lurus, belok kanan atau belok kiri.

Namun ternyata ada kelemahan yang ada pada difrensial itu sendiri yaitu secara mekanis kurang ekonomis karena sering terjadinya slip bagian roda yang mengalami traksi kecil ( tergenang air, masuk lumpur, jalan bersalju dll). Akhirnya pada pabrikan merancang sebuah teknologi anti slip pada diffrensial yang mereka beri nama Limited Slip Diffrential ( LSD ).

Tenaga mesin yang besar saat akselerasi mengakibatkan berkurangnya gaya gesek pada roda yang berada pada jalan yang licin. Ini sangat tidak menguntungkan akan ekonimis pemakaian bahan bakar serta kondisi ban yang realtif akan cepat aus.

Prinsip kerja LSD adalah dengan menambah gaya gesek pada komponen utama difrensial yaitu ring gear dengan side gear. Ini akan mengakibatkan tidak terjadinya slip sehingga putaran yang diterima akan diteruskan pada kedua roda.

Diagram Cara Kerja Limited Slip Diffrential
Diagram Cara Kerja Limited Slip Diffrential
Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa :

  1. Ketika salah satu roda belakang menapak pada jalan yang licin ( traksi kecil ), maka putaran roda seluruhnya hanya akan diarahkan pada roda tersebut. Sedangkan salah satu roda yang menapak pada jalan kasar ( traksi besar ) cenderung akan diam. Sehingga yang terjadi adalah slip pada roda yang menapak pada jalan yang licin.
  2. Dengan adanya LSD, maka tenaga dari mesin akan dikurangi dan salah satu roda yang menapak pada jalan yang licin akan ngerem ( berhenti )
  3. Berhentinya roda yang menapak pada jalan yang licin mengakibatkan putaran roda akan disalurkan ke roda yang menapak pada jalan yang kasa ( traksi besar ), sehingga mobil akan melaju dengan baik. 

Komponen kopling yang tedapat pada diffrensial
Komponen kopling yang tedapat pada diffrensial


Sebenarnya teknologi LSD sama seperti cara kerja diffrensial konvensional. Namun perbedaanya hanya pada pembagian putaran sebagian torsi dari ring - gear yang diteruskan di setiap side gear melalui mekanisme kopling yang terdapat pada difrential case. Saat terjadi slip pada salah satu roda, ini akan mengaktifkan kopling pada roda yang berlawanan ( roda yang tidak slip ). Sehingga putaran yang diterima oleh diffrential akan diteruskan ke roda yang tidak mengalami slip.

0 Response to "Apa Itu Limited Slip Diffrential ( LSD ), Bagaimana Cara Kerjanya ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel