Dampak Penggunaan Bahan Bakar Kwalitas Buruk Pada Mobil Mini Cooper



Kemarin ada customer bapak - bapak datang ke bengkel dengan problem lampu check enggine pada mobilnya ( minicooper ) lampu indikator check enggine menyala. Dari historisnya bahwa mobil tersebut jarang digunakan dan hanya digunakan pada jarak - jarak pendek. Itupun yang memakai istrinya. Dari kesimpulan yang saya dapat, mobil harus melakukan diagnosis vehicle dengan menggunakan scan tool yang ada pada bengkel.

Namun sebelum dilakukannya pengecekan yang medalam menggunakan scan tool, dari hasil pembacaan pada smart entry ( kunci mobil tersebut ) bahwa ada masalah pada sensor exhaust manifold ( sensor gas buang ) yang terletak menempel pada knalpot. 

Setelah melakukan pengecekan menggunakan scan tool, lampu check enggine menyala karena diakibatkan penggunaan bahan bakar dengan kwalitas kurang baik. Ini terjadi karena kwalitas bahan bakar yang kurang baik mengakibatkan hasil pembakaran tidak sempurna yang menimbulkan sisa gas buang yang mengandung lebih banyak racun. Sehingga sensor exhaust mendeteksi hal tersebut, dan ini akan mengakibatkan lampu check enggine menyala saat kunci kontak On mesin berputar. 

Lampu check enggine minicooper
Setelah mobil selesesai pengerjaan saya beritahu kepada yang punya bahwa mobil sudah bisa dibawa pulang. Dari hasil obrolan selanjutnya bahwa diketahui ketika mobil tersebut akan diisi bahan bakar oleh istrinya dengan pertamax turbo, ternyata tidak menemukan pada SPBU terdekat. Seingga dipaksa menggunakan bahan bakar dengan kwalitas yang lebih rendah. Dan ternyata benar hasil analisa kami dengan penyebab mengapa hal itu bisa terjadi. 

Dampak : memang secara tidak langsung dampak terhadap mesin tidak akan dominan, namun jika anda lebih jeli, maka tarikan ( tenaga ) mesin akan berbeda. Selain itu, hidupnya lampu check enggien saat mesin menyala akan membuat mata anda risih. Bukan hanya itu, untuk biaya riset pada bengkel-bengkel resmi juga lumyan mahal, ya walau hanya dikisaran 1 jutaan lah. 

Cairan Untuk Menaikkan Oktan Bahan Bakar
Solusi : bagaiamana jika kendaraan sudah terlanjur menggunakan bahan bakar dengan kwalitas rendah ? apa yang harus dilakukan ?. Pihak bengkel biasanya menyaranakan untuk menambahkan cairan adiktif penambah oktan yang sesuai. Cairan ini bisa anda beli pada bengkel resmi atau juga bisa beli dengan merek - merek lain. 

0 Response to "Dampak Penggunaan Bahan Bakar Kwalitas Buruk Pada Mobil Mini Cooper"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel