Hal - Hal Yang Harus Anda Persiapkan Saat Melamar Pekerjaan Di Perusahaan Otomotif



Kebutuhan untuk mencari pekerja yang layak semakin hari semakin banyak. Perusahaan pun demikian, mereka sangat selektif memilih calon pekerjanya sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Oleh karenanya, wajib bagi kalian yang ingin melamar kerja di perusahaan otomotif, maka hal yang harus dipersiapkan adalah pengetahuan tentang otomotif yang mendalam. Jika tidak, jangan harap bisa lulus melewati beragam tes yang diujikan.

Kali ini kami akan berbagi pengalaman dari beragam sumber dari beberapa orang yang akan memberikan bocoran kepada anda hal - hal yang sering ditanyakan saat interview di perusahaan otomotive. Sifatnya sih bukan mutlak, juga tidak bisa menjadi rujukan karena memang setiap perusahaan yang bergerak dibidang otomotive akan melakukan beragam cara yang berbeda untuk memilih kandidat terbaik untuk calon pegawainya. 

Tes apa saja yang dilakukan  oleh perusahaan ? 

Sebelum dilakukannya tes, anda akan diberikan form yang berisi tentang detail diri anda seperti profil pribadi, adik kandung, kakak kandung, anak, istri, orang tua, pekerjaan sebelumnya dan banyak lagi. Lebih kurang sekitar 3 - 4 lembar form yang harus kamu isi dengan teliti. 

Setelah mengisi form data pribadi selanjutnya pihak industri akan melakukan test pertama yaitu psikotes. Materi psikotes yang dilakukan juga umum, seperti psikotest - psikotes pada umumnya, jadi jangan khawatir tidak bisa menjawabnya. Selain itu, dibeberapa grup besar seperti Astra terkadang mereka juga melakukan test hitungan koran. Untuk lebih jelasnya apa itu hitungan koran, kamu search sendiri saja ya. 

Setelah 2 rangkain tes diatas, selanjutnya anda akan melakukan interview. Pada level ini, proses interview memang menjadi tantangan tersendiri. Karena biasaya, proses ini akan memanggil kamu satu persatu untuk ditanyai beragam pertanyaan. Jadi pada proses ini kamu butuh ketengan yang baik untuk menjwab semua pertanyaan yang diajukan. 


Apakah ada test kesehatan ? yang diperiksa apa saja ? 

Ini adalah proses final yang dilakukan oleh pihak industri untuk menseleksi calon karyawannya. Proses tes kesehatan hanya dilakukan kepada mereka yang sudah lulus test diatas ( psikotes dan interview). Pihak industri akan menghubungi kamu jika kamu dinyatakan lulus pada psikotes dan interview. Selanjutnya, pihak industri akan menyuruh kamu untuk hadir pada test kesehatan. Test kesehatan bisanya dilakukan di beberapa Lab kesehatan seperti prodia atau pramita. 

Mengenai hal - hal yang diperiksa apa saja ya ? tidak usah tegang. Karena lagi - lagi yang diperiksa juga hal umum kok. Apakah harus tela__ang. Dari informasi beberapa sumber, tidak ada yang seperti itu. Test yang dilakukan adalah seperti pemeriksaan kesehatan mata, detak jantung dan urine. 


Apakah ada test uji keterampilan teknik ? 

Sejauh ini kami memang belum menemukan ada industri otomotive yang melakukan test uji keterampilan teknik kepada calon karyawannya. Mengapa demikian ? menurut hemat kami ini sangat merepotkan bagi mereka. Karena selain harus memakan waktu yang lama, fasilitas yang digunakan pasti juga akan mengganggu sistem produksi ataupun pelayanan kepada customer. Jadi, walaupun demikian faktanya tapi kamu juga harus siap jika test ini dilakukan. 


Nah, itulah beberapa referensi bagi kalian yang sedang atau akan melawar sebagai karaywan diindustri otomotive. Test - test diatas memang hanya berlaku bagi karyawan yang memang bekerja di bagian  teknik seperti mekanik , Service Advisor atau yang sejenisnya. Jika anda melamar pada bagian manajemen atau marketing, abaikan hal - hal diatas. 

0 Response to "Hal - Hal Yang Harus Anda Persiapkan Saat Melamar Pekerjaan Di Perusahaan Otomotif"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel