Bagaimana Cara Mereset Lampu Check Enggine ? Ikuti 4 Langkah Mudah Ini

Lampu check enggine akan menyala jika terdekteksi ada masalah yang berkaitan dengan sistem pada mesin. Ini menunjukkan bahwa ada masalah besar atau kecil yang harus segera ditangani. Jangan mengabaikan masalah ini, karena kedepan bisa jadi menjadi pemicu yang lebih berat yang mengakibatkan anda menjadi merugi karena ongkos perbaikan yang mahal. Anda tidak akan direpotkan dengan menyalanya lampu check enginne jika anda tahu penyebabnya.

Sebagian pengemudi merasa kesal jika lampu indikator check enggine masih tak kunjung mati walau masalah sudh diperbaiki. Dalam hal ini, komputer kendaraan anda terlalu banyak menyimpan memori kesalahan dan perlu dihapus untuk menyelesaikan masalah ini.

Ada beberapa langkah yang bisa nada lakukan untuk mengatasi lampu check enggine yang menyala,

1. Menggunakan Alat Scan Tool



Menggunakan scan tools adalah cara paling mudah untuk menyelesaikan masalah lampu check enggine yang terus menyala. Jika anda ingin mengetahui cara mematikan lampu check enggine menggunakan scan tools, ikuti 3 langkah mudah dibawah ini.

Langkah 1 -  Hubungkan Scan Tools Ke OBD II ( On Board Diagnostic )


Pastikan kunci kontak pada posisi OFF, semua komponen kelistrikan dalam kondisi mati. Hubungkan kabel Scan Tools ke soket OBD ( On Board Diagnostic ) yang berada dibawah roda kemudi. Setelah kabel terhubung ke OBD II, putar kunci kontak pada posisi ON.

Langkah 2 - LIhat Kode Kesalahan Dengan Menekan Tombol "Read" ( Baca )


Untuk melihat kesalahan yang terjadi pada mobil anda, tekan tombol Baca pada Scan Tool. Anda perlu cacatan tentang masalah yang sedang terjadi sebagai referensi jika kedepan ada masalah pada mobil anda jika diperlukan.

Langkah 3 - Hapus Kode Kesalahan


Tekan tombol " Erase" ( hapus ) pada scan tools untuk mengapus kode kesalahan yang terdeteksi. Seharusnya lampu check enggine akan padam jika semua kode kesalahan sudah dihapus. Beberapa scan tool memiliki beragam kemampuan untuk mencatat berapa hasil pembacaan sensor yang salah yang dibandingkan dengan nilai standar. Catatn, mungkin pada beberapa scan tool memiliki opsi CLEAR atau YES yang fungsinya sama seperti tombol ERASE. Jangan lupa untuk menyalakan kunci kontak pada posisi "ON" ketika menghapus kesalahan pada scan tool.


2. Dengan Teknik Melepas Kabel Baterai

Selain menggunakan alat scan tool, ada cara lama yang dapat anda gunakan untuk mereset lampu check enggien yang menyala pada kendaraan anda. Berikut 3 langkah yang dapat anda lakukan untuk melakukan teknik ini dengan benar.

Langkah 1 - Lepas Kabel Baterai 



Pada langkah ini, dalam melepas baterai anda harus membutuhkan kunci pas atau kunci ring untuk mengendorkan kleman kabel pada baterai. Berhati - hatilah agar kunci tersebut tidak terhubung ke kedua terminal baterai ( positif dan negatif ). Lepas kabel baterai dari terminal poisif terlebih dahulu.


Langkah 2 - Membuang Tegangan Sisa



Pada langkah kedua ini yang harus anda lakukan adalah menekan tombol klakson selama lebih kurang 30 detik lamanya. Tujuannya adalah untuk menguras tegangan sisa pada sistem kelistrikan kendraan.

Langkah 3 - Tunggu Dan Pasangakan Kembali Kabel Baterai



Setelah melepas kabel baterai dan menguras tegangan sisa pada mobil anda, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah menunggu sekitar 15 menit kemudian pasang kembali kabel baterai. Setelah kabel sudah terpasang dengan baik, selanjutnya putar kunci kontak ke posisi " ON" dan hidupkan mesin. Jika lampu check enggine mati, maka anda sudah berhasil.

Catatan, langkah diatas adalah untuk megatasi lampu check enggine yang menyala karena banyaknya memori komputer mobil yang menyimpan kode eror. Kode eror yang terlalu banyak disimpan akan mengakibatkan lampu check enggine menyala.

Sebaliknya, jika pada langkah diatas gagas ( lampu check enggine tetap menyala ) kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem atau sensor. Hal ini harus segera diperbaiki terlebih dahulu agar lampu enggine mati.

3. Hidupkan Kunci Kontak On Dan OFF

Ini adalah pengulangan teknik sebelumnya tanpa harus melepas kabel baterai. And hanya perlu memasukkan kunci ke kunci kontak, nyalakan dan matikan selama tiga kali berturut-turut dengan jeda beberapa detik yang sama pada setiap phasenya. Setelah anda selesai, nyalakan mobil untuk melihat apakah lampu sudah bekerja dengan normal ( mati saat mesin hidup ).

4. Biarkan Lampu Check Enggine Reset Sendiri

Cara lain tentang mereset lampu check enggine adalah membiarkannya mati dengan sendirinya. Ini adalah proses yang paling mudah karena anda tidak perlu melakukan apapun kecuali mengendarainya seperti biasa. Sistem komputer pada sebagian besar kendaraan terus bekerja melakukan perbaikan secara otomatis. Jika itu masalah kecil seperti kesalahan pada aliran massa atau sensor O2 pada knalpot. Dimana untuk menormalkan kerjanya, maka kendaraan harus dioperasikan secara normal. Namun jika lampu check enggien tetap menatap anda selama 3 hari, maka anda harus melakukan langkah - langkah yang disebutkan diatas.

0 Response to "Bagaimana Cara Mereset Lampu Check Enggine ? Ikuti 4 Langkah Mudah Ini"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel