Tips Memelihara Rem Yang Berguna Bagi Mobil Anda


Rem adalah komponen pada kendaraan terpenting dari   sebuah mobil. Tidak mungkin seseorang mengemudi tanpa rem, jika ini dipaksakan maka bencana sudah menunggu didepan mata. Bahkan jika remnya tidak dalam kondisi baik, maka ada kemungkinan bisa terjadi kecelakaan. Oleh karena itu untuk mencegah kecelakaan, sebaiknya para pengemudi tahu tentang bagaimana cara merawat rem mobil secara benar. Jadi, dalam artikel ini kita akan membahas tentang alasan mengapa kita harus memperhatikan komponen rem serta langkah - langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah kerusakan.

Saat mengemudi dalam kondisi yang kurang baik, mengakibatkan rem kita harus sering menginjaknya. Ini akan membuat sepatu rem menjadi lebih cepat panas. Kotoran dan debu juga dapat memicu rusaknya sepatu rem sehingga daya pengereman menjadi berkurang. Jika rem menimbulkan bunyi berderit saat pedal rem diinjak, ini adalah indikasi awal bahwa sepatu rem sudah menipis.

Bukan hanya pada rem piringan, namun pada rem tromol belakang juga berlaku sama. Jika menimbulkan suara menderik saat pedal rem diinjak maka kemungkinan sepatu remnya juga sudah menimpis. Masalah lain yang biasanya timbul adalah minyak rem sudah berkurang karena kelalaian kita yang berakibat rem juga tidak bekerja secara maksimal. Jadi pada artikel ini kami akan memberikan beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat rem yang berguna bagi bagi kendaraan anda.


1. Saat Mengemudi

Merasakan kerusakan rem pada pedal rem
Merasakan kerusakan rem pada pedal rem

Saat mengemudi, perhatikan cara kerja rem dan rasakan tekanan yang terjadi pada kaki anda serta suara- suara aneh saat pedal rem ditekan.

- Jika pedal rem tidak solid, atau pedal rem terlalu kosong ( hampir menabrak / menempel ) pada lantai, maka ini harus diperbaiki. Karena itu adalah tanda - tanda rem tidak bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa jadi miyak rem sudah berkurang yang diakibatkan adanya kebocoran pada komponen - komponen rem atau area persambungan. Ini harus segera dicek dan pastikan sumber kerusakan sudah diketahui

- Jika pedal rem dan stir bergetar, itu adalah tanda bahwa terjadi masalah dengan piringan rem mobil anda. Permukaan piringan yang sudah tidak rata akan menimbulkan gesekan dengan sepatu rem. Gesekan ini akan menimbulkan getaran yang diteruskan ke pedal rem dan stir. Untuk mengatasi hal ini, bawalah mobil anda ke bengkel terdekat yang mana mereka biasanya akan merapikan permukaan piringan dengan membubutnya. Namun jika sudah melewati batas limit, maka harus diganti.

- Anda perlu mendengarkan bunyi menderik yang menandai sudah terjadinya keausan pada sepatu rem. Ini harus segera ditangani sebelum merembet ke komponen - komponen yang lain yang nantinya akan menambah biaya perbaikan.

2. Perhatikan Level Minyak Rem

Memeriksa level minyak rem pada tangki reservoir
Memeriksa level minyak rem pada tangki reservoir


Ini adalah perkejaan yang paling mudah yang bisa anda lakukan dengan mengecek level minyak rem pada tangki reservoir  yang terdapat pada bagian depan kendaraan. Buka tutup tangki reservoir dan pastikan level minyak rem tidak melewati batas minimum. Jika sudah melewati batas minimum, tambahkan minyak rem.


3. Periksa Bagian Persambuang

Memeriksa persambungan selang / pipa rem
Memeriksa persambungan selang / pipa rem

Untuk memeriksa bagian ini memang memerlukan kerja ekstra. Bisa dengan cara menaikkan mobil pada car lift, jika tidak memungkinkan and bisa masuk ke kolong mobil dengan merebahkan badan. Pastikan tidak ada kebocoran pada selang - selang pleksibel ataupun persambungan pipa rem yang terbuat dri logam. Jangan biarkan pipa - pipa ini menyentuh komponen yang panas atau komponen yang bergerak yang mengakibatkan terjadinya gesekan.

4. Mengeluarkan Angin Pada Sistem Rem

Proses pegeluaran udara pada sistem rem
Proses pegeluaran udara pada sistem rem
Setelah mengganti piringa rem, mengganti sepatu rem dan minyak rem, anda harus melakukan pembuangan gelembung - gelembung udara poada sistem rem. Ini karena sifat udara yang dapat menahan aliran miyak rem yang nantinya akan menghambat kerja sepatu rem untuk menekan piringan dn tromol rem. Pembuangan angin pada sistem rem dilakukan dengan menekan dan melepas pedal rem beberapa kali lalu mengendorkan setiap nevel pada piston rem yang terdapat pada setip roda. Lakukan ini pada nevel yang terjauh dari master rem menuju nevel yang terdekat.

Langkah - langkah perbaikan rem

Memperbaiki rem
Memperbaiki rem
Setelah anda memastikan terjadinya keruskan pada rem, anda dapat melakukan langkah - langkah perbaikn. Adapun alat - alat yang harus dipersiapkan adalah

a. Kunci roda
b. Dongkrak
c. Kunci Ring 1 set
d. Obeng  (-)
e. Gemuk ( grease )
f. Kertas Pasir

Parkirkan kendaraan anda pada lokasi yang rata, kendorkan mur pada roda yang akan dibuka. Selanjutnya dongkraklah kendaraan anda pada bian yang keras di kendraan. Kendorkan mur roda dengan tangan dan lepaskan roda.

Setelah roda terbuka, kendorkan baut califer rem piringan dengan menggunakan kunci ring. Tarik ke atas dan lepaskan sepatu rem yang menjepit piringan rem. Periksa sepatu rem apakah masih dalam kondisi layak untuk dipakai kembali ? jika ia segeralah bersihkan dengan menggosokkan kertas pasri pada bagian permukaan. Semprot dengan angin ataupun air agar tidak menimbulkan debu yang berterbangan.

Setelah semuanya sudah bersih, pasanglah kembali sepatu rem dengan memberikan sedikit gemuk ( grease ) pada bagian ujung-ujungnya  ( dudukan ). Pasang caliper rem dan kencangkan secara berlahan. Pasang roda dan murnya, turunkan kendaraan dan kecangkan kembali mur roda sesuai dengan momen yang berlaku.

0 Response to "Tips Memelihara Rem Yang Berguna Bagi Mobil Anda "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel