10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas


Saat ini untuk membeli mobil bekas bukanlah hal yang sulit, jika kita beranggapan membeli mobil bekas harus dibayas secara tunai ternyata saat ini juga bisa dibeli dengan cara dicicil. Banyak orang membeli mobil bekas sebagai tunggangan pertamanya. Membeli mobil bekas adalah cara ampuh untuk memilih model mobil yang mahal dan eksklusif dengan harga yang terjangkau. Tapi apa yang harus anda lakukan setelah membeli mobil bekas ? karena sesungguhnya mobil bekas berbeda dengan mobil baru yang belum pernah digunakan dan siap untuk dijalankan kemana saja. Jika anda bertanya apa yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas, berikut ulasan yang kami berikan.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, anda harus melakukan pemeriksaan disetiap komponen kendraan. Namun sebenanya pekerjaan anda belum sampai disitu, ada beberapa pekerjaan yang harus segera anda lakukan setelah membeli mobil bekas.

1. Melakukan Penggantian Data Pada Surat-Surat Kendaraan

Jika hal ini anda abaikan, kedepan anda akan direpotkan saat perpanjangan pajak kendaraan dan hal lain yang berkaitan dengan itu. Jika anda membeli mobil dari delaer, anda akan terbantukan dengan pengurusan semua dokumen cukup dengan membayar sejumlah biaya. Namun jika anda membeli mobil bekas langsung dari para pembeli, anda harus mengurusnya sendiri  ke pihak terkait.


2. Langsung Memperbaiki Masalah - Masalah Kecil 

Jika anda melihat kerusakan kecil, segeralah lakukan perbaikan dengan cepat. Seperti perbaikan lampu, memoles body yang rusak, mengganti busi dan komponen - komponen lainnya. Jangan abaikan ini, karena jika dibiarkan akan menjadi masalah yang besar dan harus mengeluarkan lebih banyak uang.

3.Panggil Mekanik 

Anda mungkin sudah melakukan pemeriksaan sebelum membeli mobil tersebut. Tetapi, pemeriksaan menyeluruh setelah pembelian juga penting. Panggillah mekanik terpercaya untuk memeriksa saringan, rem, cairan minyak rem dan ban serta komponen lain yang memang dibutuhkan. Dia akan memberi tahu kepada anda jika ada masalah atau apapun yang akan diperbaiki.

4. Memeriksa Cairan

Cairan yang dimaksud disini adalah minyak rem, minyak kopling dan cairan pendingin. Periksalah semua yang berkaitan dengannya. Seperti melakukan pembersihan atau pembilasan serta periksa setiap persambuangan dari kebocoran yang terjadi.

5. Mengganti Saringan

Bahkan jika anda melihat masih terlihat bagus segeralah diganti dengan yang baru. Ganti semua saringan jika memungkinkan seperti saringan oli, saringan bahan bakar dan saringan udara.

6. Memeriksa Kondisi Ban

Lakukan pemeriksaan kondisi ban dengan menambahkan tekanan normal. Periksa setiap dinding ban dari kerusakan dan tapak ban dari keausan yang tidak merata. Jika ini terjadi, anda bisa memilih opsi utnuk merotasinya. Namun jika tidak memungkinkan, gantilah dengan ban baru.

7. Memeriksa Kerja Rem

Jika anda berpikir hal apalagi yang harus diperiksa, maka segeralh untuk memeriksa kerja rem. Anda bisa memeriksa kepakeman rem saat mobil bejalan, atau memeriksa setiap komponen dari kebocoran di setiap persambungan.

8. Melakukan Pembersihan

Lakukanlah pembersihan secara menyeluruh baik pada ruang mesin maupun bagian kabin kendaraan. Jika merepotkan, bawalah ke tempat pencucian spesialis agar mobil anda terlihat lebih segar dan bersih.

9. Menambahkan Komponen Pelengkap 

Tambahkanlah komponen - komponen pelengkap yang memudahkan anda untuk melakukan aktifitas kecil dicabin kendaraan atau saat darurat. Seperi membeli alat charge yang bisa digunakan pada mobil, membeli seigitiga pengaman atau kunci - kunci yang memudahkan anda jika seandainya terjadi hal - hal yang tidak diinginkan atas kendaraan anda.

10. Membaca Buku Pedoman Perawatan

Ini adalah poin tekahir yang harus anda perhatikan, lakukanlah perawatan kendaraan anda sesuai dengan panduan yang tertera pada buku perawatan. Sesuaikanlah dengan masa pakai mobil anda yang sudah menempuh jarak berapa kilometer.

0 Response to "10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Setelah Membeli Mobil Bekas"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel