Fungsi Pelampung Pada Karburator

Pelampung Karbutor

Karburator berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang akan masuk kedalam ruang bakar. Dengan adanya karburator, maka percampuran bahan bakar dan udara diharapkan seefisien mungkin pada posisi apapun yang dilakukan oleh kendaraan.

Karburator terdiri dari beragam komponen - komponen yang bekerja sesuai dengan fungsinya. Salah satu komponen yang terapadat pada karburator adalah pelampung. Secara material, komponen pelampung berbeda dengan komponen - komponen yang lainnya. Jika sebagian komponen terbuat dari logam, pelampung sendiri terbuat dari komponen plastik.

Pelampung mempunyai peran penting dalam mengatur banyaknnya bahan bakar yang akan masuk kedalam ruang pelampung.Oleh karena itu, pelampung harus dalam kondisi penyetelan tinggi yang sesuai. Jika terjadi kesalahan dalam penyetelan tinggi pelampung, maka bahan bakar yang akan masuk ke ruang pelampung karburator tidak akan terkontrol dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan berlebihnya bahan bakar atau kita sering menyebutnya sebagai karbutator yang mengalami banjir.

Cara kerja pelampung pada karburator
Cara kerja pelampung pada karburator
Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa pelampung sebagai tempat dudukan jarum ( nedle ). Jarum berfungsi sebagai keran yang membuka dan menutup lubag saluran bahan bakar yang akan masuk ke ruang pelampung.

Bekerja naik turunnya jarum ( nedle ) tergantung dari posisi pelampung. Jika bahan bakar pada ruang pelampung berkurang, maka pelampung akan turun yang mengakibatkan jarum membuka lubang saluran dan bahan bakar pun masuk ke ruang pelampung. Setelah bahan bakar masuk, maka volumenya akan bertambah. Ini akan mengakibatkan pelampung menjadi naik yang mengakibatkan daya dorong kepada jarum untuk menutup lubang saluran.

Pelampung bekerja terus menerus tergantung dari volume bahan bakar pada ruang pelampung. Jika volmenya rendah, lubang terbuka. Sedangkan jika volume bahan bakarnya penuh, maka lubang jarum akan tertutup.

Sebagai pengaman, didalam jarum terdapat pegas yang berfungsi sebagai suspensi jarum ketika pelmapung mendapat kejutan yang tidak teratur. Ini bisanya terjadi ketika kendararaan berjalan pada jalan yang tidak rata yang mengakibatkan goncangan bahan bakar pada ruang pelampung dan mengakibatkan pelampung juga akan bergoyang. Pegas akan bekerja menekan jarum untuk menutup lubang pada kondisi ini.




0 Response to "Fungsi Pelampung Pada Karburator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel