Jenis - Jenis Tabung Silinder Pada Mesin Kendaraan

Jenis - Jenis Tabung Silinder
Jenis - Jenis Tabung Silinder

Pada umumnya blok silinder terbuat dari bahan besi tuang kelabu. Hal ini relatif lebih murah, mudah dibentuk, Tidak mudah aus dan tahan terhadap pengaruh panas yang berlebih yang ditimbulkan dari hasil pembakaran. Bahan dari perpaduan aluminium juga digunakan,  ini karena  memiliki keuntungan penghantaran panas yang baik dan ringan dari segi konstruksi.


Untuk mengatasi keausan, maka pada blok silinder yang terbuat dari aluminium dipasangkan tabung silinder. Tabung silinder juga ada yang dipasang pada blok silinder yang terbuat dari besi tuang kelabu karena didesain dalam perbaikan selanjutnya. Pada gambar diatas  memperlihatkan variasi dari tabung silinder.

Adapun jenis - jenis tabung silinder yaitu :

1. Tabung Silinder Basah

Blok dicor tanpa tabung silinder dan saat tabung silinder dipasang, bagian luar dari tabung silinder tersebut berhubungan langsung dengan mantel air. Sil khusus dipasang pada bagian bawah dan atas tabung silinder untuk mencegah kebocoran air pendingin maupun oli pelumas. Tabung silinder basah pada umumnya telah difinising dan mampu menghantarkan panas pembakaran secara cepat. Kelemahan dari tabung basah ini adalah kebocoran dan karat.


2. Tabung Silinder Kering

Tabung silinder kering adalah yang utama digunakan pada blok mesin, yang ketahanannya dibawah besi tuang blok mesin itu sendiri. Tabung kering dijamin pemasangannya pada blok dengan interferense atau dibuat plens pada bagian atas tabung tersebut dan tertekan oleh kepala silinder. Tabung kering lebih sulit memasang maupun melepas, dan kadang-kadang membutuhkan pekerjaan honing setelah tabung tersebut dipasang.

0 Response to "Jenis - Jenis Tabung Silinder Pada Mesin Kendaraan "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel