fungsi Komponen - Komponen Transmisi Manual

Komponen - komponen Transmisi Keseluruhan
Transmisi manual dan komponen-komponennya merupakan  bagian dari sistem pemindah tenaga dari sebuah kendaraan, yaitu sistem yang berfungsi mengatur tingkat kecepatan dalam  proses pemindahan tenaga dari sumber tenaga (mesin) ke roda  kendaraan.

Sistem pemindah tenaga secara  garis besar terdiri dari Unit kopling, transmisi, defrensial, poros dan roda kendaraan. Sementara Posisi unit  transmisi berada selangkah di belakang  unit kopling. Hal ini agar saat pemindahan kecepatan, hubungan dengan mesin dapat diputuskan ter -lebih dahulu.

Fungsi komponen - komponen transmisi manual adalah untuk menjamin perpindahan putaran dari mesin ke poros output menjadi ringan dan lebih mudah. Konsep dasar cara kerja transmisi  menggunakan konsep  perbandingan momen, melalui sejumlah roda gigi. Dengan konsep tersebut dapat disesuaikan antara tenaga output mesin  dengan besarnya beban yang akan diangkat. Saat beban berat  seperti kendaraan akan bergerak, tanjakan dan sebagainya.

Adapun fungsi komponen - komponen pada transmisi yaitu :

Komponen - komponen transmisi
Komponen - komponen transmisi
1. Poros Input berfungsi meneruskan putaran dari mesin yang terhubung ke kopling untuk diteruskan ke gigi - gigi yang ada pada transmisi ( gigi percepatan dan counter gear )

2. Gigi Percepatan berfungsi menerima  putaran dari counter gear dan meneruskannya ke poros output. Perpindahan gigi percepatan diperoleh dari perpindahan gigi pada tuas ( tongkat transmisi )

3. Synchronize Ring berfungsi sebagai memperlambat kecepatan putar gigi percepatan ( no 2 ) agar dapat bersatu dengan cluth hub saat perpindahan gigi.

4. Cluth Hub berfungsi sebagai kopling penghubung gigi percepatan ( no 2 ) dengan hub sleeve pada saat perpindahan gigi.

komponen - komponen transmisi
komponen - komponen transmisi

5. Counter Gear berfungsi menerima putaran dari poros input yang diteruskaan ke setiap gigi percepatan sesuai dengan kecepatan yang terjadi pada saat itu. Pada kondisi Netral, counter gear tetap berputar.

6. Ouput Shaft berfungsi menerima putaran dari gigi percepatan yang akan diteruskan ke poros profeler.

7. Idle Gear berfungsi sebagai gigi mundur. Letak idle gear yang berada di tengah - tengah kedua roda gigi akan mengakibatkan kedua roda gigi tersebut berputar dengan arah yang sama.

8. Shif Fork berfungsi memindahkan ( menggeser ) cluth hub ke arah gigi percepatan yang diperoleh dari perintah pengemudi dengan menggerakan tuas ( tongkat transmisi )

Itulah beberapa fungsi komponen - komponen transmisi manual yang bisa kita pelajari dengan cara mebongkarnya. Pada proses pembongkaran, perhatikanlah setiap komponen yang terlepas. Karena transmisi memiliki banyak komponen yang kecil dan terletak pada lokasi - lokasi yang presisi.

0 Response to "fungsi Komponen - Komponen Transmisi Manual "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel