Cara Kerja Pemanas Suhu Ruang Cabin Mobil / AC Hangat


Selama ini mungkin kita hanya mengetahui bahwa AC pada mobil bersuhu dingin, wajar ini bisa terjadi demikian karena kita tinggal di Indonesia yang mempunyai iklim tropis ( musim hujan dan panas ). Padahal ada juga lho AC mobil hangat yang didesain untuk mobil - mobil eropa yang beriklim dingin sangat ekstrim.

Kalau kita menjumpai mobil - mobil elit buatan eropa, maka kita akan menjumpai sistem pendingin AC dan penghangat runangan. Kalau pada sebelumnya kita telah membahas mengenai teori dasar sistem pendingin AC Mobil, maka kali ini kita akan menjelaskan prinsip pemanas ruangan cabin mobil.

1. Air Mix Type 


Air mix type mempunyai cara kerja menghsilkan hawa hangat dengan cara pengaturan aliran hawa dingin ( warna biru ) yang melewati heater core ( warna merah). Banyak sedikitnya udara dingin yang melewati heater core diatur oleh air mix control damper, sejenis plat penutup dan pembuka heater core agar dapat dialalui oleh udara dingin.


2. Water Flow Control Type 


Pada type water flow control type, hanya ada satu saluran udara dingin untuk melewati heater core (pemanas). Namun bedanya dengan type Air Mix, heater core ini sewaktu-waktu tidak bersifat panas akibat dari menutupnya water valve ( katup air) pemanas. Jadi apabila water valve terbuka maka heater core akan menjadi panas dan udara yang melewatinya akan menjadi hangat. Sebaliknya, jika water valve tertutup, maka heater core tidak panas yang mengakibatkan tidak terjadinya perubahan suhu udara yang mengalir.

0 Response to "Cara Kerja Pemanas Suhu Ruang Cabin Mobil / AC Hangat"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel