Mengapa Harus Menggunakan Sabuk Pengaman ( Seat Belt ) Saat Berkendara ?

mengapa harus menggunakan seat belt saat berkendara


Seat belt atau sabuk pengaman adalah alat pengaman yang dipasang di mobil untuk melindungi penumpang dengan cara membatasi gerakan maju secara prontal akibat mobil yang mengalami benturan / tabrakan.

Sejak tahun 1950 an, para ahli industri otomotif menyadari bahwa ketika kendaraan mengalami kecelakaan, maka para penumpang didalam mobil akan mengalami cidera serius karena penumpang menabrak bagian - bagian dalam kabin mobil seperti roda kemudi, dasbord dan lain-lain. Fakta inilah yang menyebabkan para produsen mobil berinovasi mengembangkan perangkat keselamatan bagi penumpang saat terjadi kecelakaan.

Pada ilmu Fisika, fenoma ini disebut dengan hukum kelembaban yang mana ketika mobil melaju dengan kecepatan tertentu maka penumpang didalamnya juga bergerak sesuai dengan kecepatan mobil tersebut. Namun ketika mobil berhenti secara tiba-tiba, timbul gaya inersia pada penumpang yaitu kecenderungan melanjutkan gerak tersebut. Akibatnya penumpang bergerak dengan kecepatan semula yang akhirnya penumpang akan menabrak bagian-bagian kabin kendaraan. Nah dalam hal inilah sabuk pengamanan bekerja untuk melawan gaya inersia yang penumpang saat mobil berhenti mendadak.



Oleh karena itu, wajib bagi setiap pengemudi dan penumpang untuk menggunakan seat belt ketika mobil sudah dalam keadaan melaju.

Adapun keuntungan menggunakan sabuk pengaman yaitu :

  1. Mengurangi dampak benturan kedua ( benturan penumpang dengan komponen mobil )
  2. Menjaga agar penumpang tetap duduk di posisi yang tepat sehingga airbag dapat bekerja dengan efisiensi maksimum
  3. Melindungi penghuni selama kecelakaan terjadi
Saat ini, sabuk pengaman yang digunakan pada kendaraan yaitu  jenis " Three Point". Disebut dengan demikian karena memang sabuk pengaman ini terpasang pada 3 titik berbeda pada setiap kursi. Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini. 

seat belt jenis tiga titik



Sabuk pengaman jenis ini mempunyai desain dengan bentuk sabuk yang menjulur pada bagian pangkuan kaki dan sabuk pada bahu. Keuntungan lain menggunakan jenis sabuk ini adalah dapat mendistribusikan gaya secara merata pada semua bagian-bagian tubuh yang kuat seperti bahu, dada dan panggul. Dengan demikian maka ini jelas lebih baik dibanding dengan jenis seat belt yang sebelumnya ( type 2 titik ).

Volvo pertama kali memperkenalkan konsep sabuk 'Tiga Titik' pada tahun 1959. Volvo 122S (juga dikenal sebagai Volvo Amazon) adalah kendaraan produksi pertama yang memiliki sabuk pengaman tiga titik sebagai perlengkapan standar.
volvo amazon kendaraan yang pertama kali menggunakan seat belt jenis 3 titik
Volvo amazon, kendaraan yang pertama kali menggunakan seat belt jenis 3 titik

Ini adalah salah satu innovasi Volvo yang mereka patenkan dan sampai saat ini telah digunakan oleh semua pabrikan otomotif di dunia.

0 Response to "Mengapa Harus Menggunakan Sabuk Pengaman ( Seat Belt ) Saat Berkendara ? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel