Sejarah Lahirnya Merek Lexus Dari Toyota

sejarah lahirnya Lexus dari Toyota

Lexus adalah merek mobil dari Toyota yang digunakan untuk mobil - mobil mewah produksi mereka. Produknya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989 di Amerika Utara, dan saat ini menjadi salah satu merek mobil mewah dari Jepang dengan penjualan tertinggi.

Sejarah Lahirnya LEXUS

Misi besar Toyota ini bermula pada tahun 1983, ketika itu Presiden Direktur Toyota Corporation Eiji Toyoda membentuk sebuah tim yang terdiri dari enggineer-enggineer terbaik untuk membuat mobil mewah yang bisa mengalahkan merek - merek seperti BMW, Mercedes, Audi dan Jaguar.

Eiji Toyoda
Eiji Toyoda
Langkah ini pun disambuat baik, maka pada 1985   Toyota mengirimkan sebuah tim rahasia ke Amerika untuk  meneliti para orang - orang kaya disana. Dan Hasilnya bahwa mereka harus membuat mobil mewah yang terpisah dari merek Toyota.

Merek sebelumnya yang digunakan oleh Toyota untuk produk mobil mewahnya adalah ALEXIS, namun ternyata nama ini mirip dengan karakter serial kartun di TV pada saat itu dan ini sangat membingungkan bagi setiap orang. Akhirnya nama tersebut pun di revisi dengan membuang huruf pertamanya dan mengganti huruf "i" menjadi huruf "u" yang menghasilkan nama LEXUS.

LEXUS memberikan arti "kemewahan dan keanggunan" bagi sebagian orang. Selian itu kebetulan atau tidak, ternyata LEXUS juga menjadikan akronim " Luxuary Export To The U.S". yang luar biasa yang dipandang sangat tepat dengan tujuan Toyota yaitu membuat mobil "mewah yang bisa di ekspor ke Amerika".

Salah satu hal yang membuat Toyota tertarik untuk membuat mobil kelas premium ini adalah karena rival - rival mereka rata - rata mempunyai merek tersendiri untuk mobil mewahnya. Diantaranya Honda yang memiliki merek mobil mewah Accura, Nisan mempunyai merek mobil mewah Infiniti dan Mazda yang mengeluarkan merek mobil mewah Amati. Namun naas, produk mewah Mazda dibatalkan pada saat itu.

Proyek Toyota yang super rahasia ini mereka beri nama F1, bukan Formula One melainkan sebuah singkatan yang memiliki arti   F ( Fligship / unggulan ) dan 1 ( Vehicle One / mobil nomor satu ). Proyek ini ditargetkan untuk bisa mengikuti kesuksesan mobil Toyota Supra dan Toyota Cressida yang saat itu mengalami penjualan yang sangat banyak.

Setelah proses pengembangan yang sangat panjang, melibatkan 60 desainer mobil, 24 tim teknik, 1400 enggineer, 2300 teknisi,  220 pekerja tambahan dan 440 prototipe kendaraan serta modal pengembangan yang mencapai 1 miliar dolas AS, akhirnya proyek besar super rahasia mereka jadi juga.

Pada tahun 1989 produk pertama LEXUS diluncurkan,  LS 400 sebuah mobil SUV yang dibekali dengan mesin V8 dengan kubikasi 400 CC yang mempunyai mesin didepan berpenggerak roda belakang ( FR / Front Enggine Front Drive ).

Mobil ini mempunyai tingkat kebisingan yang sangat rendah, tenaga mesin yang besar, aerodinamik yang baik serta interior yang mewah. Selain itu harganya yang lebih murah dibanding pesaingnya pada saat itu seperti Mercedes dan BMW.

Untuk membuktikan tingkat kehalusan mesinnya, mereka membuat sebuah percobaan dengan meletakkan cagkir tampan dan menyusunnya seperti piramida tepat berada diatas kap mesin LS 400. Dan hasilnya pun megesankan, suara mesin yang halus serta getaran yang sedikit tidak mengakibatkan air pada gelas tersebut tumpah.

Percobaan getaran mesin Lexus dengan meletakaan gelas di atas kap mesin LS 400
Percobaan getaran mesin Lexus dengan meletakaan gelas di atas kap mesin LS 400

Kerja keras tim tidak sia-sia, LEXUS dapat menggaet konsumen loyal di Amerika dan ini berimbas buruk pada pesaingnya seperti BMW yang mengalami penurunan penjualan 19 % dan Mercedes yang mengalami penurunan penjualan 29 %.

0 Response to "Sejarah Lahirnya Merek Lexus Dari Toyota "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel