Revolusi Perubahan Logo Mazda Yang Memukau

revolusi perubahan logo Mazda yang memukau


Logo sebuah kendaraan adalah identitas suatu perusahaan yang tidak dapat terpisahkan. Bukan hanya sekedar emblem, namun itu lebih dari sekedar tanda atau huruf yang memberikan arti penting akan perjalanan perkembangan sebuah perusahaan dalam menciptakan kendaraan. Seperti merek - merek pembuat mobil lainnya, Logo Mazda juga memiliki sejarah unik dalam perkembangannya yang menceritakan kisah transformasi perusahaan selama lebih kurang 100 tahun perjalanan.

Mazda adalah salah satu perusahaan otomotif asal Jepang yang sukses membangun sebuah brand otomotif di pasar Internasional, terutama di daratan Eropa.

Pendiri perusahaan Jujiro Matsuda adalah seorang ahli mesin yang mendirikan pabrik peralatan mesin bernama Toyo Cork Kogyo Co Ltd pada tahun 1920. Namun pabriknya beralih fungsi memproduksi mobil pada tahun 1931. Mobil produksi pertamanya ada Mazda-Go yang terkenal pada masa itu yang berbentuk Truck roda tiga. Dan ternyata nama Mazda diambil dari nama kendaraan pertama ini.

Di kutip dari website resminya bahwa nama Mazda diambil dari nama dewa cahaya yang bernama Zoroaser Ahura Mazda. Perusahaan berharap kedepan produk - produk Mazda akan mencerahkan citra kendaraan. Selain nama dewa cahaya, pendiri perusahaan Jujiro Marsuda juga menjadi salah satu inspirasi lain dibalik nama ini.

Riwayat Revolusi Logo Mazda

  • 1934
Ini adalah logo pertama Mazda yang mulai diperkenalkan pada tahun 1934, yang mana perusahaan saat itu memproduksi truk roda tiga. Logo yang sederhana ini adalah representasi dari nama perusahaan.
logo mazda tahun 1934


  • 1936
Tiga tahun berselang, Mazda mengganti logo dengan bentuk lencana  yang memuat huruf M tepat ditengah-tengah. Inspirasi ini datag dari Hirosima kota asal dimana perusahaan ini didirikan. Lambang tersebut melambang triple "M" bergaya di tengah yang mana ini adalah huruf awal dari merek Mazda. Pada pada kedua sisinya menunjukkan sebuah arti kecepatan dan kelincahan kendaraan Mazda dan potensi untuk mendapatkan popularitas yang baik sehingga dapat mendongkrak penjualan kendaraannya.

logo mazda tahun 1936

  • 1956
Logo berikutnya sekitar 16 tahun digunakan yaitu pada tahun 1959 sampai 1975. Logo ini hanya berfokus pada huruf "M", dimana lambang baru ini menghilangkan triple "M" pada logo sebelumnya yang terinspirasi dengan Hirosima dan sayap pada bagian kedua sisi. Logo ini dirilis pada tahun dimana Mazda pertama kali merilis mobil penumpannya.

logo mazda tahun 1956

  • 1975
Pada tahun 1975 hingga beberapa tahun berikutnya, perusahaan tidak menggunakan logo resmi apapun. Logo lettermark ini dirilis pada saat perusahaan mengubah identitasnya ke arah yang lebih baik. Bahkan setelah bertahun - tahun, tipografi yang digunakan dalam logo itu adalah elemen intrinsik dari identitas visual perusahaan.

logo mazda tahun 1975


  • 1991
Mazda akhirnya kembali merilis logo baru pada tahun 1990 yang membawa banyak sekali makna pada logo tersebut. Kali ini logo mazda berbentuk seperti berlian yang menampilkan arti makan seperti matahari, sayap dan lingkaran cahaya disekelilingnya.

logo mazda tahun 1991


  • 1992
Ternyata logo yang dirilis pada tahun 1991 bentuknya mirip dengan logo Renault yang juga memiliki bentuk berlian. Hal ini membuat pihak Mazda mengganti logo selang 1 tahun kemudian. Perubahan dari logo sebelumnya tidak terlalu drastis yang mana tepi pada bagian berlian lebih diperhalus. Selebihnya masih tetap dipertahankan seperti matahari, lingkaran cahaya dan dimensi sayap. Dan ternyata logo ini menjadi dasar terbentuknya logo Mazda yang sekarang.

logo mazda tahun 1992


  • 1997

Logo Mazda yang terkhir ini memulai debutnya bulan Juni 1997. Logo tersebut menggambarkan bayak kualitas yang telah dimasukkan oleh merek tersebut sepanjang sejara perubahan logonya. Yang mana pada logo terkahir ini menunjukkan kreatifitas dan potensi bagi perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang. 

logo mazda tahun 1997


Logo tersebut memiliki huruf "M" ditenganya yang mana ini hampir mirip dengan huruf "V". Bentuk "M" yang menyerupai huruf "V" menggambarkan sebuah sayap yang menggabungkan beberapa simbol pada logo sebelumnya. Ini mempunyai arti kuat akan prusahaan yang mempunyai keinginan dan misi untuk meraih kesuksesan dimasa depan. 

Logo baru Mzda yang terhir ini adalah sebuah perwujdan dari sebuah merek untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang bekwalitas. 

Apakah Mazda akan kembali berganti logo pada tahun - tahun yang akan datang ? kita lihat saja nanti. 



0 Response to "Revolusi Perubahan Logo Mazda Yang Memukau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel