Manfaat Separator Pada Panci Oli ( Oil Pan )

Kinerja mesin sangat terpengaruh akan kondisi pelumas oli. Oleh karena itu, oli harus terus dapat mensuplay untuk tetap melumasi setiap komponen mesin yang bekerja. Baik pada kondisi pengendaraan normal maupun saat kendaraan berada pada kondisi ekstrim sekalipun ( jalan tidak rata, tanjakan curam, turunan curam, dll ).

Komponen utama pada sistem pelumasan yang bekerja pada fungsi ini adalah pumpa oli. Dimana pumpa oli akan terus menerus memumpa  ( menyedot ) oli  yang berada pada panci Oli ( Oil Pan ) untuk disalurkan ke semua komponen - komponen mesin melalui lubang-lubang kecil ( Orifice ) ataupun secara langsung. Untuk mengetahui lebih detail tentang fungsi sistem pelumasan, saya telah meneuliskan pada artikel sebelumnya Fungsi Komponen - Komponen Sistem Pelumasan

Karenanya, kondisi ketinggian oli pada panci oli tidak boleh berkurang atau berubah karena kondisi mobil. Jika hal ini terjadi, maka tentunya pumpa oli tidak dapat memumpa ( menyedot ) oli pada panci oli karena ketinggian oli yang berkurang akibat posisi mobil yang miring.

Untuk mencegah hal ini, maka dipasanglah separator ( sekat ) pada panci oli. Fungsi utamanya adalah untuk menahan oli agar tetap dalam ketinggian normal walaupun kondisi mobil pada posisi miring.

Kondisi ketinggian Oli pada saat mobil berada pada posisi jalan datar


Pada kondisi jalan datar, ketinggian oli pada panci oli juga akan datar. Pada kondisi ini, tidak perlu ada yang dikhawatirkan karena saringan oli kasar ( oil strainer ) masih tetap terendam oli. Sehingga dalam kondisi ini, pumpa oli dapat memumpa oli dengan baik.


Kondisi ketinggian Oli pada saat mobil berada pada posisi jalan miring

Sebaliknya, pada saat mobil pada kondisi miring akan mengakibatkan oli bergerak kebawahh. Hal ini mengakibatkan oli akan bergerak ke tempat terendah dan meninggalkan ( mengosongkan ) tempat dimana saringan oli kasar berada seperti yang terlihat pada kondis A, dimana panci oli belum dilengkapi dengan sparator. 

Pada kondisi B, dimana panci oli sudah dilengkapi dengan sparator. Dan ketika mobil berada pada posisi miring, maka sparator akan mencegah agar oli tidak bergerak ke lokadi terendah. Sehingga saringan oli kasar sebagai pipa untuk menyedot oli masih dalam kondisi terendam. Kerja pumpa oli tidak akan terganggu akan kondisi mobil yang berada pada jalan yang tidak rata.

0 Response to "Manfaat Separator Pada Panci Oli ( Oil Pan )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel