Fungsi Resistor Dan Jenis - Jenisnya Yang Digunakan Pada Mobil



Teknologi  mobil pada saat ini semakin hari semakin pesat perkembangannya. Teknolgi yang perkembangannya padaling dominan adalah sistem kelisrikannya, dimana hampir semua mobil mengarah pada sistem otomotos ( mobil tanpa pengemudi ), hal ini dilakukan untuk memudahkan dan memberi kenyamanan berlebih bagi para penumpangnya. 

Salah satu contoh sederhanya adalah bagaimana lampu kepala akan hidup secara otomotis saat kendaraan melalui lokasi yang gelap, suhu AC yang dapat menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan suhu disekitar kendaraan dan lain sebagainya. 

Itu semua tidak terlepas dari fungsi sebuah komponen elektronik yaitu Resistor. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa fungsi resistor adalah Resistor adalah komponen dasar elektronika yang digunakan untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam satu rangkaian. Sesuai dengan namanya resistor bersifat resistif dan umumnya  terbuat dari bahan karbon .  

Dari bunyi  hukum Ohm diketahui  bahwa “Arus( I ) yang mengalir pada suatu rangkaian akan berbanding lurus dengan Tegangan ( E ) dan berbanding terbalik dengan  Hambatan( R).”

Karena fungsinya sebagai penghambat arus, maka resistor dapat digunakan sebagai saklar ataupun komponen pembantu  yang dapat mengontrol komponen - komponen kelistrikan pada mobil sesuai dengan fungsinya yang disesuaikan dengan fungsi komponen itu sendiri. 

Pada bidang otomotif, tekhusus pada mobil bahwa jenis - jenis resistor yang digunakan ada 4 macam yaitu : 

  1.  Resistor Tetap
  2.  Resistor Peka Cahaya  ( LDR / Ligh Dependent Resistor )
  3.  Variable Resistor
  4. Thermistor

Adapun simbol - simbol tersebut diatas akan sering ditemui pada buku - buku manual perbaikan kelistrikan. Berikut simbol - simbolnya, 

logo Resistor Pada Bidang otomotif
Simbol - simbol  Resistor Pada Bidang otomotif
Setelah mengetahui simbol - simbol jenis resitor, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi dari setiap jenis resistor yang digunakan pada teknologi di mobil. 

1. Resistor Tetap

Resistor tetap adalah resistor yang nilai tahannya tidak dapat berubah-ubah, dimana fungsinya adalah untuk tahanan tetap bagi arus listrik yang mengalir pada rangkian. Jenis resistor tetap adalah jenis yang sangat banyak digunakan pada kelistrikan mobil dibanding jenis resistor lainnya. Penggunaannya  seperti pada lampu LED yang mempunyai tegangan rendah, modul penggerak dan lain-lain. 

Aplikasi Resistor tetap pada mobil
Aplikasi Resistor tetap pada mobil



2. Resistor Peka Cahaya / LDR ( Ligh Dependent Resistor )

Jenis resistor ini adalah resistor yang bekerja akibat dari kepekaan cahaya. Dimana nilai resistor akan berubah - ubah sesuai dengan pencahaayan yang diterimanya. Salah satu contoh sederhana dari pemakaian jenis resitor LDR ini adalah pada lampu - lampu di pinggir jalan raya. Dimana lampu - lampu ini akan hidup secara otomatis jika waktu sudah mendekati malam hari ( sore ) dan mati pada pagi hari. Perlu kita ketahui bahwa yang menjadi pengendali untuk menghidup dan mematikan lampu adalah jenis resitor ini. Karena fungsinya adalah dari pencahayaan yang diterima, maka teknologi inipun dipakai pada mobil, yaitu pengendalian lampu kepala ( Head Lamp ) secara otomatis ketika mobil melewati lorong yang gelap terowongan. Teknologi ini sudah dipakai oleh mobil - mobil dengan harga yang lumayan mahal.

Aplikasi Resistor LDR   pada mobil
Aplikasi Resistor LDR   pada mobil


3. Variable Resistor

Mungkin ini adalah jenis resistor yang sering kita jumpai dan kita bisa jadi tanpa sadar sering mendampingi kita dalam kehidupan sehari - hari. Reistor variable adalah jenis resistor yang nilai tahannya dapat berubah - ubah sesuai dengan putaran pada knop yang diinginkan. Jenis resistor ini banyak digunakan pada alat - alat yang mempunyai kontrol berubah - ubah seperti putaran kipas angin, suara volume dan lain - lain. Dan ini juga diaplikasikan pada mobil yaitu pada knop volume MP3, Knop pengatur AC mobil dan lain-lain. 

Aplikasi Variable Resistor  pada mobil
Aplikasi Variable Resistor  pada mobil

4. Thermistor

Thermistor adalah jenis resistor yang bekerja karena perbedaan suhu pada daerah sekitar. Jenis resistor ini digunakan pada sensor air pendingin mobil ( Water Temperatur Sensor ), dimana sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu air pendingin. Komponen ini sangat erat dengan stater awal pada mobil, karena pada kondisi air pendingin maka dibutuhkan campuran yang gemuk. Thermistor inilah yang memberikan data kepada ECU berapa suhu air pendingin secara actual. Thermistor terbagi menjadi dua, 

  • PTC ( Positif Temperatur Coefisien ), semakin  tinggi suhu  disekitar ( panas ) maka tahanan pada thermistor semakin tinggi
  • NTC ( Negative Temperatur Coefisien ), semakin  tinggi suhu disekitar ( panas ) maka tahanan semakin rendah
Aplikasi thermistor   pada mobil
Aplikasi thermistor   pada mobil
Demikianlah jenis - jenis resitor yang diaplikasikan pada mobil. Kedepan, teknologi mobil akan semakin memanjakan pada pengemudinya tanpa repot harus menyetel atau mengatur fungsi komponen - komponen pada mobil tersebut. Dan pastinya, kelistrikan menjadi teknologi yang akan lebih dominan dibanding perkembangan tekologi mekanis. 

0 Response to "Fungsi Resistor Dan Jenis - Jenisnya Yang Digunakan Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel