5 Penyebab Mobil Mati Tiba - Tiba Saat Bekendara


Berkendara dengan nyaman adalah idaman bagi setiap orang. Namun, terkadang ada saja masalah yang terjadi pada mobil yang sedang dikendarai. Jika itu masalah kecil, perjalanan masih bisa dilanjutkan dengan batas kecepatan tertentu. Namun, jika mobil tiba - tiba mati mendadak saat dikendarai, ini bisa jadi bencana besar bagi anda. 

Apakah itu pertanda buruk akan kondisi mesin anda yang harus dibayar dengan biaya perbaikan yang mahal ? belum tentu. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan mobil mati mendadak saat dikendarai. Dari faktor yang ringan hingga yang berat, oleh karena itu pada artikel ini kami akan memberitahukan kepada anda 5 faktor yang menyebabkan mobil mati tiba - tiba saat sedang dikendarai. 


1. Bahan Bakar Kosong ( Habis )



Ketika mobil anda mati saat mengemudi, hal pertama yang harus kamu periksa adalah tangki bahan bakar mobil anda. Tangki bahan bakar yang kosong tentunya menjadi penyebab utama mengapa mesin anda mati tiba-tiba. Nada tidak akan mungkin bisa mengendai mobil tanpa bahan bakar. Jadi melihat level pengukur bahan bakar pada dasbord adalah hal penting yang harus anda perhatikan sebelum bepergian. Jika hal ini terus terjadi pada mobil anda, sepertinya telah terjadi masalah pada pengukur bahan bakar mobil anda. Jika ini terjadi, segeralah bawa ke bengkel langganan anda.


2. Alterntor Bermasalah


Kerusakan pada alternator adalah salah satu alasan yang menyebabkan mobil anda mati ( berhenti ) ditengah jalan. Jadi, jika ada masalah dengan alternator mobil anda, itu akan berdampak pada sistem pengisian tegangan ke baterai. Jika ini terjadi, maka suplay tegangan pengisian ke baterai akan terhenti. Ini meyebabkan tegangan baterai akan habis bertahap. Oleh karenya, anda mungkin harus mengisinya secara manual sampai pada batas tegangan normal. 

3. Terjadi Malfungsi Pada Sensor


Memang tidak semua sensor yang mengalami kerusakan mengakibatkan mesin mati tiba - tiba. Namun jika hal ini terjadi pada sensor poros engkol atau sensor poros cam dan sensor - sensor lain yang menjadi data utama dalam kinerja mesin maka tentunya mesin akan mati. Kerusakan pada sensor akan ditandai dengan menyalanya lampu check enggine saat mobil hidup. 


4. Masalah Pada Pumpa Bahan Bakar


Alasan lain yang mengakibatkan mobil anda mati tiba-tiba adalah terjadi masalah pada pumpa bahan bakar. Bahan bakar pada tangki tidak akan dapat mengalir menuju ruang bakar tanpa ada bantuan pumpa. Kerusakan bermacam - macam, seperti sumbatan akibat kotornya bahan bakar, saringan yang sudah kotor atau pumpa yang memang sudah mati total. 

5. Masalah Pada Kunci Kontak



Penyebab lain yang mengakibatkan mesin mati tiba - tiba adalah masalah pada saklar kunci kontak. Masalah ini mengakibatkan tegangan dari baterai tidak tersalurkan ke sistem pengapian. Hal ini bisa ditandai dengan tenaga mesin yang sebelumnya berkurang. 

Itulah 5 penyebab mobil mati tiba - tiba saat berkendara, lakukan pengecekan satu persatu untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada kendaraan anda. 

0 Response to "5 Penyebab Mobil Mati Tiba - Tiba Saat Bekendara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel