Mana Lebih Aman, Mobil Besar Atau Mobil Kecil ?

Sebelum memutuskan membeli mobil baru tentunya kita sudah berpikir tentang faktor keamanan yang dapat diandalkan dari kendaraan yang akan kita beli. Ini adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh para pembeli saat membeli kendaraan baru. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa yang lebih besar lebih aman, dibanding dengan kendaraan kecil. Apakah memang benar mobil besar lebih aman dibanding dengan mobil kecil ?

Apa alasannya mobil besar lebih aman dibanding mobil kecil ?

Ukuran mobil menjadi masalah ketika kita membeli sebuah mobil baru. Dimana orang menyarankan untuk membeli mobil kecil, sedangkan yang lain menyarankan anda untuk membeli mobil besar. Jika faktor keamanan menjadi perhatian anda yang utama, mungkin artikel ini bisa berguna bagi anda.




1. Faktor Berat

Mobil - mobil kecil memang terlihat lebih kompak dan lebih nyaman, tetapi kenyataannya ternyata semakin besar mobil semakin baik tingkat kenyamannya. Mobil dengan ukuran besar dan berat merupakan pilihan yang baik dari pada mobil kecil yang ringan. Berat mobil yang lebih besar membantu mencegah dampak refleks jika terjadi tabrakan secara frontal. Ini karena mobil besar cenderung memiliki kerangka yang lebih panjang, sehingga msih ada space tersisa didalam kabin jika terjadi kecelakaan.

Perlu diketahui bahwa kendaraan yang lebih berat akan mendorong kembali mobil yang lebih kecil dan lebih ringan dan sedikit yang mengalami cedera saat terjadi kecelakaan. Sebuah data mengatakan bahwa ada 13 korban jiwa pada setiap 1 juta mobil SUV ketika terjadi kecelakaan, ini lebih kecil dibanding 64 korban jiwa per satu juta mobil kecil saat terjadi kecelakaan. Data ini membenarkan mengapa mobil lebih besar lebih aman dibanding mobil kecil.

2. Faktor Momentum

Ketika mobil yang anda kendarai lebih berat, itu akan menghsilkan dorongan yang besar. Dalam hal ini, ketika terjadi kecelakaan maka mobil anda akan tetap mendorong mobil kecil yang lebih ringan dalam waktu yang sedikit lebih lama. Ini berarti bahwa energi pad kendaraan anda akan ditransfer ke yang lebih kecil. Pada gilirannya ini akan menyelamtkan anda dari cedera yang lebih parah.

Hal ini tidak berlaku bagi mobil kecil yang ringan. Ketika mobil besar seperti  SUV bertabrakan dengan sedan, kemungkinan yang sedan akan lebih banyak korban. Ini karena dorongan ke mobil sedan lebih besar.

Apakah mobil jenis SUV lebih aman ?

Jika ada orang yang bertanya apakah mobil jenis SUV lebih aman dari pada jenis mobil lain ? maka jawabannya ya, pasti lebih baik. mobil SUV menepati trending paling baik dari fitur keamanan. Keuntungan lainnya adalah bentuknya yang lebih besar dan lebih tinggi sehingga lebih aman dari faktor under-ride (  tabrakan mobil yang masuk ke bagian kolong mobil ). Jelas bahwa SUV mempunyai ketinggian lebih dibanding jenis sedan.

Ya kita sepakat bahwa  yang besar selalu lebih baik dalam hal ini. Namun anda tidak dapat menolak akan biaya perawatan dan efisiensi bahan bakarnya. Satu lagi hal penting yang perlu anda ketahui bahwa teknologi telah menjadi solusi terbaik bagi keselatan penumpang. Namun itu tidak ada hubungannya dengan ukuran mobil, dimana ukuran mobil lebih besar itu lebih aman dan tidak dapat tergantikan dengan beragam tekologi keselamatan pada mobil kecil.

 sekarang kamu tahu bahwa mobil besar lebih aman dibanding mobil kecil, kamu tahu opsi mana yang akan dipilih. Jika anda tidak mampu untuk membeli mobil SUV atau tidak menemukannya, anda bisa membeli mobil jenis sedan juga. Tapi ingat untuk melihat rating tingkat keamanan saat terjadi kecelakaan. Bagaimanapun keamanan selalu lebih baik dibanding kenyamanan. Anda setuju ?

1 Response to "Mana Lebih Aman, Mobil Besar Atau Mobil Kecil ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel