5 Tips Mudah Mencuci Mobil Dengan Benar

5 tips mecuci mobil dengan benar
5 tips mecuci mobil dengan benar

Sampai sekarang saya juga masih heran, mengapa ya menggunakan kendaraan yang bersih sepertinya lebih nyaman dibanding saat kendraan tersebut kotor. Walau tidak ada alasan teknis yang dapat menjelaska secara detail, tetapi banyak orang setuju dengan hal tersebut.

Cara termudah untuk menjaga kebersihan kendaraan  adalah dengan mencucinya sendiri. Dengan begitu kita dapat lebih mudah untuk membersihkan kendaraan  kapanpun kita mau. Tidak harus antri ditempat cuci kendaraan, dan yang pasti ini lebih irit serta juga bisa menjadi sarana olahraga bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk olahraga.

Walau terbilang mudah, ada beberapa hal yang wajib anda ketahui ketika memilih untuk mencuci kendraan sendiri. Pilihlah produk sabun pencuci yang benar serta perlengkapan yang baik ( tidak merusak ). Karena pemilihan yang salah akan berdampak buruk terhadap kendaraan akibat salah dalam pencuciannya. Berikut 5 Tips mencuci mobil dengan benar yang dapat anda lakukan dirumah,

1. Jangan Pernah Menggunakan Sabun Cuci Piring

Sebagian besar para pemilik mobil salah kaprah mengenai Sabun, mereka mengatakan bahwa semua sabun adalah sama dan mengeluarkan busa. Itu adalah persepsi yang salah besar, karena pada dasarnya sabun cuci piring dibuat untuk membersihkan lemak dan makanan yang masih menempel pada piring atau sejenisnya. Penggunaan sabun cuci piring digunakan untuk mencuci mobil tidak dibenarkan, karena sifat sabun cuci piring abrasif ( sabun yang kasar ). Jika ini dilakukan untuk mengusap kotoran pada bodi kendaraan, cat mobil akan terkikis dan mempercepat oksidasi yang mengakibatkan bodi mobil terlihat kusam. Bukan hanya itu, sabun cuci piring juga dapat merusak lapisan pengkilat pada cat serta jika mengenai komponen karet akan menjadi keras.

2. Pilihlah Tempat Yang Teduh

Mencuci kendaraan langsung berada disinar matahari akan menghasilkan bercak - bercak air dan sabun yang sulit dibersihkan. Ini karena pengeringan pada sinar matahari sangat panas, sehingga dengan cepat mengeringkan air dan sabun pada bagian bodi. Namun proses ini tidak baik dan menimbulka masalah baru pada bodi kendaraan.

3. Mencuci Dari Bagian Atas Dilanjut ke  Bawah

Ini adalah kunci utama dalam mencuci mobil dengan benar. Lakukan pencucian dari bagian - bagian yang paling atas lalu dilanjutkan degan bagian bawah. Mungkin kamu sudah tahu alasannya kan ? agar kerjaanya tidak tumpang tindih dan dikotori kembali karena salah dalam pemilihan bagian pencucian. Mulai dari membersihkan bagian atap - kaca - kaca pada kendraan - bagian atas kap mesin - bagian pada pintu - bumper depan - bagian bawah pintu - dan terkahir pada bagian bumper belakang.

4. Bersihkan Ban Dan Roda 

Salah satu cara untuk menjaga penampilan mobil anda adalah dengan menjaga kebersihan roda dan ban. Sama seperti pada bodi mobil, hal yang paling penting adalah memilih cairan pembersih roda. Disarankan untuk menggunakan cairan pembersih yang berbasis tidak mengandung asam. Pembersih yang mengandung asam dapat menyebabkan cat velg alloy cepat beroksidasi sehingga akan keliahatan kusam

5. Bersihkan Bagian Interior

Membersihkan bagian interior pada mobil memang harus ekstra hati - hati, karena komponen yang terletak pada bagian interior sangat berbeda dengan komponen yang ada pada exterior. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 - 15 menit untuk membersihkan bagian interior pada mobil anda. Kami telah menyediakan langkah - langkah mudah untuk melakukan hal itu.


Anda juga harus teratur memeriksa mobil dibengkel resmi. Semoga 5 tips cara mencuci mobil dengan benar yang kami sampaikan diatas dapat membantu anda untuk menjaga kebersihan kendaraan anda setiap waktu.


0 Response to "5 Tips Mudah Mencuci Mobil Dengan Benar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel