Kenali 4 Penyebab Bau Oli Terbakar Pada Mobil Yang Sering Terjadi


Bau menyengat memang menjadi salah satu yang menganggu bagi para pemilik mobil. Bau - bau yang timbul juga bermacam - macam, ada bau tidak normal yang memang jarang terjadi, namun yang lebih sering adalah bau normal yang kadang - kadang terjadi diwaktu-waktu tertentu. Bau oli terbakar termasuk dalam kategori yang umum yang sering terjadi pada mobil. Ketika teradi rembesan oli pada mesin dan menempel pada  di knalpot, ini akan  membuat mobil berbau oli  atau biasanya kita sebut - bau oli  terbakar.

Bau oli pada  mobil adalah hal yang tidak diinginkan siapa pun saat berkendara. Bukan  hanya tidak nyaman tetapi juga dapat membahayakan orang yang duduk di dalam mobil. Jika Anda mencium bau oli di mobil, hentikan mobil dan periksa untuk melihat dari mana oli berasal sehingga Anda dapat menentukan cara yang tepat untuk memperbaikinya. Mari kita lihat beberapa penyebab di bawah ini.

# 1. Selesai Mengganti Masalah Oli


Mengganti oli
Mengganti oli 

Mengganti oli bila tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan oli  berlebih menetes ke dalam sistem pipa gas buang ( knalpot ) atau bagian lain. Saat mesin memanas, oli  akan terbakar untuk menciptakan bau menyengat di dalam mobil. Jika kebocoran terajadi, oli  akan terbakar. Namum, penyebab ini tidak menimbulkan bau yang lama, bau akan hilang jika oli sudah habis terbakar pada knalpot.

# 2. Saringan Oli Kendor Saat Pemasangan


Saringan oli kendor
Saringan oli kendor
Filter oli berfungsi selain sebagai saringan oli, ia bekerja menerima tekanan. Jika tidak dipasang dengan benar, maka oli akan merembes disekitar saringan oli dan merambat ke saluran pipa gas buang. Gejala paling parah dari kejadian ini adalah oli yang menetes dengan deras dan terjadi genangan oli pada bawah mobil. Jika ini terjadi, segeralah perbaiki, karena akan menimbulkan kerusakan yang parah dengan komponen - komponen didalam mesin.

# 3. Baut Pembuangan Oli Kurang Ketat


Baut pembuangan oli kendor
Baut pembuangan oli kendor
Panci oli memiliki baut pembuangan dibagian paling bawah dan jika dalam keadaan rusak atau tidak kencang dalam pemasangannya  maka oli  akan  bocor. Jika terjadi kebocoran oli samapi  ke pipa  pembuangan akan menciptakan bau oli terbakar di dalam mobil. Jika masalah ini parah, maka oli akan keluar lebih banyak dan menimbulkan genangan oli dibawah mobil saat berhenti atau parkir. Situasi ini harus segera diperbaiki untuk mencegah oli keluar dari mesin.

# 4. Gasket ( Paking ) Yang Rusak

Paking panci oli rusak
Paking panci oli rusak
Jika terjadi kebocoran oli yang terlalu sering, ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada seal oli yang sudah harus diganti. Atau bisa juga disebabkan oleh paking ( gasket ) oli yang terdapat pada komponen - komponen mesin seperti pada tutup silinder atau paking panci oli. Kerusakan pada jenis ini ditandai dengan bau oli terbakar yang tidak berhenti dan jumlah oli yang semakin berkurang secara drastis. Oleh karenya tidak ada cara terbaik selain bersegeralah memperbaiki atau mengganti gasket oli yang sudah lekang ( rusak ).



Yang laping penting, jika  mobil anda mengalami bau seperti oli terbakar, maka peiksalah segera point - poit yang telah kami jelaskan diatas. Mungkin ada beberapa penyebab yang dapat diperbaiki sendiri dengan biaya yang murah, namun juga ada beberapa masalah yang mengharuskan adana untuk membawanya ke bengkel. Segera tangani masalah tersebut agar sistem pelumasan pada mobil anda tetap maksimal.

0 Response to "Kenali 4 Penyebab Bau Oli Terbakar Pada Mobil Yang Sering Terjadi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel