Bagaimana Cara Mengatasi Motos Stater Yang Mogok ? Lakukan 4 Tips ini



Motor stater berfungsi sebagai pemutar awal pada setiap kendaraan. Pada sepeda motor, motos stater yang rusak bisa digantikan dengan mengengkol secara manual. Namun pada mobil tidak demikian, motos stater yang tidak bekerja menjadi masalah utama yang sangat menjengkelkan. Apalagi jika hal ini terjadi diwaktu-waktu genting.

Oleh karena menjaga standart tegangan baterai dan merawat motor stater adalah hal yang harus sesekali kita perhatikan. Walau memang standartnya tidak ada anjuran service berkala pada motor stater, tidak ada salahnya jika kita melihat kondisi persambungan kabel motor stater yang terletak pada bagian bawah mobil.

Jika tegangan baterai sudah standart dan kondisi motor stater juga sudah baik, namun masih membandel tidak mau distater, bisa jadi ada bebera komponen yang memang harus kita periksa.

Mengutip web carfromjapan.com Bagaimana cara mengatasi motor stater yang mogok ? bahawa ada  4 tips yang bisa anda coba ketika hal ini terjadi pada motor stater mobil anda.

1. Check Persambungan Kabel 

Periksa persambungan kabel
Periksa persambungan kabel

Motor Starter adalah motor listrik yang proses kerjanya memerlukan tegangan listrik dari baterai. Ini sebagai penggerak awal untuk menghidupkan mesi. Jadi, mesin tidak akan mau menyala  jika ada masalah dengan baterai atau koneksinya ke tegangan baterai. Oleh karena itu periksa sambungan semua kabel penghubung antara baterai dan starter. Kencangkan segalanya,  karena  jika persambungannya  longgar berarti lebih sedikit aliran arus ke starter.

2. Bersihkan Korosi Pada Terminal

Membersihkan korosi pada terminal baterai
Membersihkan korosi pada terminal baterai

Korosi timbul akibat dari proses reaksi bahan - bahan kimia yang ada. Korosi yang timbul biasanya berada pada setiap terminal persambungan, seperti pada baterai ataupun relay-relay. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kain bersih. Dan pada baterai bisa menggunakan air panas dengan cara menyiramnya.

3. Ketuk Dengan Alat

Mengetuk motor stater
Mengetuk motor stater

Ini adalah trik sederhana  yang bisa kamu lakukan sebagai  panduan tentang cara menstater  mobil dengan kondisi  starter yang buruk. Jika motor starter mati tetapi wiper (penyapu kaca )  dan lampu depan mobil bekerja, berarti masalah bukan ditegangan baterai melainkan  gigi motor stater  yang macet. Motor starter tidak dapat berfungsi dengan baik jika hal itu terjadi.

Berikan ketukan ( pukulan ringan)  4 hingga 5 kali dengan alat seperti palu atau kunci inggris. Anda harus hati-hati menempatkan posisinya  dan jangan sampai salah dalam memukulnya dengan komponen yang lain. Selain itu, lakukanlan dengan lembut atau bisa juga dengan menggunakan perantara seperti dilapisi kain atau kayu jika memungkinkan.

5. Dorong Kendaraan

Mendorong karena moto stater macet
Mendorong karena moto stater macet
Ini adalah cara untuk melepas gigi motos stater yang macet pada roda flywheel. Tips ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang minim pengetahuan tentang mesin dan kesulitan membuka kap mesin untuk menemukan letak motor stater. Caranya adalah dengan memasukkan gigi percepatan 1, dorong pelan - pelan kendaraan anda . Ini akan menguncang mobil anda dan sedikit dapat memutarkan mesin untuk melepas gigi motor stater yang macet.

Itulah tips yang dapat kami berikan tentang bagaimana cara mengatasi motor stater yang mogok, dan selalu hati - hati dijalan.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengatasi Motos Stater Yang Mogok ? Lakukan 4 Tips ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel