Jenis - Jenis Steering Lingkake Pada Sistem Kemudi Mobil

Steering lingkage terdiri dari rod dan arm yang meneruskan tenaga gerak dari steering gear ke roda depan bagian kanan dan kiri. Walaupun mobil bergerak naik turun, gerakan roda kemudi harus diteruskan keroda-roda depan dengan sangat tepat (akurat) setiap saat. Dengan alasan itulah, steering lingkake didesain plaksibel dan harus dapat meneruskan putaran dari gear box.

Ada beberapa tipe steering lingkage dan konstruksi joint yang dirancang untuk tujuan tersebut. Bentuk yang tepat mempengaruhi kestabilan pengendaraan.

1. Steering Lingkake untuk suspensi Rigid


Steering lingkake untuk suspensi rigid
Steering lingkake untuk suspensi rigid

Steering lingkake jenis ini digunakan untuk jenis suspendi depan yang menggunakan suspensi rigid. Suspensi rigid adalah jenis suspensi yang menopang pada satu poros yang bersatu. Artinya, gerakan naik dan turunnya roda sebelah kanan dan kiri selalu sama. Jenis rigid ini digunakan untuk kendaraan - kendaraan dengan beban berat  seperti truck.

Tipe ini terdiri dari pitman arm,drag link,knukle arm, tie rod, dan tie rod end. Tie rod mempunyai pipa untuk menyetel panjangnya rod.


2. Steering Lingkake untuk suspensi independent
Steering lingkake untuk jenis suspensi independent
Steering lingkake untuk jenis suspensi independent

Jenis steering ini keterbalikan dari yang jenis rigid. Yang mana jenis suspensi ini mempunyai tingkat kenyamanan yang lebih baik dibanding rigid. Mengapa demikian ? karena naik turunnya roda sebelah kanan dan kiri tidak bersamaan karena tidak melekat pada satu sumbu. Melainkan menempel pada frame ( bodi ) kendaraan. Sehingga memungkinkan kendaraan dalam keadaan seimbang walau pada posisi melewati jalan yang tidak rata.

Banyaknya persambungan pada jenis ini harus menjamin diteruskan gerakan dari steering gear dengan baik dan presisi.

0 Response to "Jenis - Jenis Steering Lingkake Pada Sistem Kemudi Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel