Jenis - Jenis Mekanisme Rem Parkir Pada Mobil

penampang rem parkir pada mobil
Penampang rem parkir pada mobil

Rem pada kendaraan sangat begitu penting karena berkaitan akan keselamatan dan kenyamanan dalam berkemudi. Berfungsi sebagai memperlambat jalannya kendaraan dan memungkinkan kendaraan untuk behenti ditempat yang diinginkan. Selain rem yang bekerja pada kesemua roda, mobil juga mempunyai rem parkir. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun dalam penggunaanya sangatlah berbeda. Oleh karena itu kamu harus tahu membedakan pengoperasian diantara kedua.

Rem parkir adalah rem yang dioperasikan ( digunakan ) pada saat kendaraan sudah memang benar-benar berhenti. Maksudnya adalah tidak diperkenankan menggunakan pengereman menggunakan rem parkir pada saat kendaraan sedang melaju, melainkan jika kendaraan tersebut dalam kondisi sudah berhenti walaupun mesin dalam keadaan hidup.

 Baca juga : Cara Kerja Sistem Rem Pada Mobil

Sebagai contoh, pada saat kendaraan dalam posisi kemacetan, tanjakan dan  diparkir. Pada saat inilah kita boleh menggunakan rem parkir yang bertujuan agar kendaraan  tidak bergerak secara mendadak akibat guncangan dan  gaya reflek kaki yang mungkin salah dalam meminjak pedal gas dengan rem.

Secara garis besar Mekanisme Rem parkir terbagi menjadi 2 macan yaitu :
1. Pengereman pada roda belakang
2. Pengereman pada output transmisi


Sedangkan jenis - jenis tuas rem parkir terbagi menjadi 3 macam yaitu :
1. Lever type
Jenis lever type biasanya digunakan pada kendaraan penumpang dan kendaraan commercial ( pengangkut barang )
2. Stick type
jenis stick type Biasanya digunakan pada kendaraan commercial ( pengangkut barang )
3. Pedal type
Biasanya digunakan pada kendaraan penumpang dan sedan  mewah. Adapun cara pengoperasiannya dengan  membebaskannya pedal.


jenis - jenis tuas rem parkir
Jenis - jenis tuas rem parkir

 Adapun jenis - jenis mekanisme rem parkir dengan pengereman roda belakang terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Sharing Type 
a. Sharing type untuk rem tromol
Tipe ini digabung dengan rem kaki. Hubungannya dilakukan secara mekanik dengan sepatu rem atau pad rem. Pada tipe rem parkir ini, jika tuas rem parkir ditarik maka sepatu rem akan mengembang karena dorongan brake lever dan shoe strut.
Sharing type untuk rem tromol
Sharing type untuk rem tromol

b. Sharing Type untuk rem piringan 
Mekanisme rem parkir disatukan dalam caliper /pad rem. Gerakan tuas menyebabkan levershaft berputar, dan mengakibatkan spindle menggerakkan piston untuk mendorong pad menjepit disc (piringan rem ). 

Sharing type untuk rem piringan
Sharing type untuk rem piringan

Sedangkan untuk jenis rem parkir yang ada pada center brake / output pada poros transmisi hanya 1 ( satu ) yaitu jenis Devoted. Secara mekanis, jenis ini sangat mirip dengan type Sharing untuk rem tromol. Perbedaannya, jika Sharing Type tromolnya telaknya di roda belakang, maka pada jenis Devoted Tromol terpasang diatara poros output transmisi dengan poros propeler. 

Sharing type untuk rem piringan
Rem parkir jenis central brake ( Devoted)

Inilah jenis - jenis mekanisme rem parkir yang ada pada mobil. Ada yang menggunakan mekanisme penarik kabel dan juga memanfaatkan gaya hidrolik pada jenis rem piringan. Dan pada kesimpulan terkahir adalah apapun jenis rem parkir yang ada pada kendaraan mu, maka itulah desain terbaik yang sudah diperhitungkan oleh pabrikan sesuai dengan jenis kendaraan yang kamu punya. 


0 Response to "Jenis - Jenis Mekanisme Rem Parkir Pada Mobil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel