Jenis - jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya Pada Pendingin Mesin Mobil

thermostat
Thermostat
Thermostat adalah salah satu komponen yang ada pada sistem pendingin mesin mobil. Fungsi komponen ini adalah untuk membuka dan menutup saluran air pendingin dari mesin ( water jacket ) ke radiator. Pembukaan  yang dilakukan oleh thermostat terjadi akibat dari suhu air pendingin yang panas, sedangkan thermostat akan kembali terutup jika suhu air dingin.

Adapun jenis - jenis thermostat yaitu :

A. Thermostat dengan katup By Pass ( gambar  A tertera diatas )
Komponennya :
1. valve
2. Cylinder
3. Bypass Valve
4. Wax
5. Jiggle Valve

B. Thermostat tanpa katup By Pass ( gambar B tertera diatas )
Komponennya :
1. valve
2. Cylinder
4. Wax
5. Jiggle Valve

Adapun cara kerja kedua jenis thermostat diatas adalah sebagai berikut :

1. Thermostat Tanpa Katup By Pass
cara kerja thermostat katup by pass
Thermostat tanpa  katup By Pass
Pada saat temperatur rendah ( mesin dingin)
Saluran air ke radiator ditutup oleh thermostat sehingga air  akan mengalir dari blok silinder ke pompa melalui saluran bypass. Dan akan dialirkan kembali ke mesin ( water jacket ).

Pada saat temperatur tinggi ( mesin panas )
Pada kondisi ini thermostat dalam kondisi terbuka. Akibatnya, air dari blok silinder akan mengalir ke radiator dan selanjutnya air akan mengalir ke pumpa akibat adanya sedotan dan dialirkan kembali ke blok silinder. Selain itu, air juga akan mengalir melalui selang By Pass masuk ke pumpa dan dialirkan ke blok silinder ( persisi sama seperti pada saat mesin dingin / thermostat tertutup ). Singkatnya, pada kondisi mesin tinggi maka air akan mengalir ke radiator dan selang by pass ( kerja ganda).


2. Thermostat Dengan Katup By Pas
thermostat dengan katup by Pass
Thermostat dengan katup by pass
Jika kita lihat sepintas dengan yang jenis thermostat tanpa katup By pass maka kelihatannya sama. Nanum jelas ini sangat berbeda letak posisi peletakkan thermostatnya. Jika thermostat tanpa katup by pass letaknya di saluran masuk radiator, maka thermostat yang mempunyai katup by pass letaknya di saluran buang radiator.

Pada suhu rendah ( mesin dingin )
Saluran bypass yang ada pada thermostat  terbuka,  sehingga arah alirannya airnya adalah  dari  Blok mesin – saluran bypass – Water Pump - Blok mesin.


Pada suhu tinggi (mesin panas)
Saluran bypass yang ada pada thermostat  tertutup sehingga alirannya  airnya menjadi dari
Blok mesin – radiator – Water Pump - Blok mesin ( tidak ada air yang melewati saluran bypass ). Akibatnya   pendinginan yang terjadi pada saat mesin panas lebih efektif.







1 Response to "Jenis - jenis Thermostat Dan Cara Kerjanya Pada Pendingin Mesin Mobil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel