Jenis - jenis Rem Tromol ( Drum Brake )


Rem tromol atau drum brake adalah jenis rem pada kendaraan yang masih digunakan hingga saat ini. Pengopresiannya biasanya digunakan untuk jenis pengermanan roda bagian belakang. Ketika brake linning bergesekan dengan brake drum, panas yang ditimbulkan dapat mencapai 200 ~ 300 derajat Celcius.

Adapun jenis-jenis rem tromol yaitu :

1. Leading And Trailing
Jenis rem tromol Leading and trailing
Satu wheel cylinder dengan dua piston yang mendorong brake shoe bagian atas untuk menekan tromol. Pada Jenis rem ini, bagian leading shoe lebih cepat habis dibanding bagian trailing shoe.

2. Two Leading

Jenis Rem tromol Two Leading Shoe

Tipe ini mempunyai dua wheel cylinder yang masing – masing memiliki satu piston. Keuntungan adalah  pada saat kendaraan bergerak maju,  kedua sepatu rem  menjadi leading sehingga rem. menjadi lebih pakem. 

3. Dual Two Leading

Jenis rem tromol dual two leading
Tipe ini mempunyai dua wheel cylinder yang masing – masing memiliki dua piston.  Efek pengereman yang terjadi sangat baik pada saat kendaraan maju maupun mundur.  

4. Uni Servo
Jenis Uni Servo 

Tipe ini mempunyai satu wheel cylinder dengan satu piston. Dan  pada  Adjusting silinder (penyetel silnder)  dapat bergerak bebas.
Keuntungan :
Saat kendaraan maju kedua sepatu rem menjadi leading
Kerugiannya  :
Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem menjadi trailing

5. Duo Servo 
Jenis Rem Tromol Duo Servo

Tipe ini merupakan penyempurnaan dari tipe Uni servo. Jadi rem jenis ini menggunakan satu wheel cylinder dengan dua piston dan adjusting cylinder yang dapat bergerak bebas. Sehingga pada saat kendaraan bergerak maju atau mundur kedua sepatu rem berfungsi sebagai leading shoe

0 Response to "Jenis - jenis Rem Tromol ( Drum Brake )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel